Kamis, 10 Mei 2018 - 15:15:53 WIB

Wali Kota Medan Teken MoU Smart City Indonesia

Editor: Administrator | Dibaca: 57
Wali Kota Medan Teken MoU Smart City Indonesia

PIRAMIDNEWS.COM - Gerakan Smart City adalah sebuah gerakan besar, dimana Pemerintah Kabupaten/Kota harus mengikuti Teknologi Informasi dan digital untuk melayani masyarakat. Di dalam perjalanannya terjadi tiga transformasi besar di negara Indonesia di era digital ini, di antaranya: 1.Dunia Bisnis, seluruh usaha yang ada di indonesia kini berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bentuk start up yang baru sehingga menarik peminat konsumen.  

Kedua, masyarakat, seluruh lapisan masyarakat dunia pada umumnya dan indonesia khususnya berkreasi dengan menggunakan teknologi digital di dalam kehidupannya sehari-hari. Ketiga, Pemerintahan, dunia pemerintahan juga sedang bergerak ke arah smart nation yang tentunya ini harus dimulai dari Smart City dan bahkan yang terkecil lagi yakni Smart Village.

Lebih dari 50 % masyarakat Indonesia kini adalah pengguna internet dan diprediksi pada tahun 2020, 170 juta masyarakat Indonesia menjadi warga netizen.

Demikian penggalan narasi sambutan pembukaan Gerakan 100 Smart City Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang disampaikan Oleh Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani P atau yang biasa disapa sammy.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Red Top, Selasa (8/5/2018), Jakarta tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bapak Rudiantara, Menteri Keuangan yang diwakili Oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Budiarso Teguh, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Se-indonesia Airin Rachmi Diany yang juga merupakan Wali Kota Tanggerang Selatan.

Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, para pemimpin Kompas Gramedia group, para Bupati dan Wali Kota yang masuk ke dalam kategori 100 Smart City 2018.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin S MSi juga turut menandatangani MoU dengan Kementerian Komunimasi dan Informatika RI yang disaksikan langsung oleh Dirjen Aptika. Setelah penandatangan MoU ini,  Kota Medan akan difasilitasi dan diberikan pendampingan untuk membuat/merevisi Master Plan Smart City yang sesuai dengan konsep Smart City secara nasional oleh Kemkominfo. (rel/rt)

Foto: Acara pembukaan Gerakan 100 Smart City Indonesia di Hotel Red Top, Selasa (8/5/2018), dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika  Rudiantara, Dirjen Perimbangan Keuangan Budiarso Teguh, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia Airin Rachmi Diany dan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S.



×