Sabtu, 31 Maret 2018 - 13:53:28 WIB

Sumut Kembangkan Bibit Bawang Merah

Editor: Administrator | Dibaca: 208
Sumut Kembangkan Bibit Bawang Merah

PIRAMIDNEWS.COM - Benih Induk Hortikultura Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatra Utara terus mengembangkan bibit bawang merah. Ini guna meningkatkan produksi komoditas itu.

"Hasil panen dari benih biji bawang merah (TSS) asal Balitsa (Balai Penelitian Tanaman Sayuran), Bandung itu  menggembirakan dan siap diluncurkan ke penangkar," ujar Kepala UPTD Benih Induk Hortikultura (BIH) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Bahruddin Siregar di Medan, Selasa (27/3).

Menurut dia, dari 200 kilogram (kg) benih varietas Bima Brebes yang ditanam di areal BIH itu menghasilkan 2 ton bibit bawang. Bahruddin menyebutkan, permintaan bibit bawang semakin banyak di Sumut termasuk di Kota Medan. Walaupun lahan pertaniannya sedikit. tetapi gencar mengembangkan bawang merah itu karena melihat harga jual yang bagus.

"Pemprov Sumut memang berharap produksi bawang merah terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan Sumut yang semakin
meningkat," katanya.

Selama ini, kebutuhan bawang merah Sumut dibantu pasokan dari Brebes dan termasuk adanya impor seperti dari India. Produksi bawang merah dari sejumlah sentra produksi antara lain Medan, Karo, dan Toba Samosir belum mampu memenuhi kebutuhan Sumut.

Bahruddin menjelaskan, pemerintah secara bertahap mengganti umbi menjadi biji dalam penyediaan benih bawang merah nasional.
"Ke depannya penyediaan bibit varietas bawang yang disukai petani seperti Bima Brebes, Biru Lancor, dan Batu Ijo dalam bentuk biji diharapkan bisa dipenuhi pemerintah secara nasional," katanya.

Pengembangan teknologi TSS sudah dilakukan di dataran tinggi tujuh provinsi bersama tujuh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Daerah itu, yakni Sumut, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan dengan supervisi teknologi dari Balitsa. (rep/pnc)

Foto: Petani sedang membersihkan hasil panen bawang merahnya.


×