Selasa, 26 September 2017 - 07:58:36 WIB

Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 4 Kilometer

Editor: Administrator | Dibaca: 126
Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 4 Kilometer

PIRAMIDNEWS.COM - Gunung Sinabung di kabupaten Karo, Sumatra Utara, terus 'bergeliat'. Gunung dengan status Awas atau level IV ini kembali erupsi dan menyemburkan abu vulkanis, Senin (25/9/17).

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi terjadi sekitar pukul 15.59 WIB. "Terjadi erupsi gunung api Sinabung dengan tinggi kolom abu 4.000 meter," kata Armen, Senin (25/9).

Armen mengatakan, saat erupsi, angin bertiup sedang ke arah timur tenggara atau ke arah lokasi wisata Berastagi. Cuaca di sekitar Sinabung pun terpantau mendung dan berkabut. "Saat erupsi, terjadi gempa dengan lama gempa 388 detik," ujar dia.

Armen menghimbau, masyarakat selalu waspada dan tidak mendekati apalagi beraktivitas di daerah yang telah ditetapkan sebagai zona merah. Hal ini dikarenakan erupsi masih terus terjadi hampir setiap hari.

"Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi-erupsi gunung Sinabung," kata Armen. (rep/pnc)


Foto: Gunung Sinabung saat erupsi menyemburkan abu vulkanis

×