Selasa, 19 Desember 2017 - 21:35:45 WIB

Reses Akhir Tahun, 100 Anggota DPRD Serap Aspirasi Warga Sumut

Editor: Administrator | Dibaca: 146
Reses Akhir Tahun, 100  Anggota DPRD Serap Aspirasi Warga Sumut

PIRAMIDNEWS.COM - Seratus orang anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara melakukan reses di akhir tahun 2017. Reses yang bertujuan menyerap aspirasi warga Sumatera Utara (Sumut) dalam menampung permasalahan dan keluhan masyarakat.

Dari 100 orang anggota dewan tersebut yang terbagi dalam 12 daerah pemilihan, sudah menargetkan berbagai persoalan yang akan diangkat serta yang berkembang di masyarakat. Reses yang dilaksanakan dimulai sejak Senin 18 Desember 2017 dan berakhir 23 Desember 2017.

Staf Humas DPRD Sumatera Utara Fatma, menjelaskan tentang pelaksanaan dimulainya reses akhir tahun oleh anggota DPRD Sumut. Katanya, kegiatan reses merupakan tugas wakil rakyat, sebagaimana tertuang dalam Peraturan DPRD Sumatera Utara, nomor: 4/2014 tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD Sumatera Utara.

Disebutkannya, reses merupakan salah satu fungsi tugas Legislatif untuk mengetahui secara langsung dan bertatap muka dengan konstituen untuk seberapa jauh pembangunan di daerah Pemilihan (Dapil) yang belum terserap dalam pelaksanaan APBD, sehingga nantinya dapat menjadi acuan dalam kegiatan selanjutnya. "Untuk itu pelaksanaan reses sangat penting bahkan merupakan ujung tombak dari anggota dewan pada daerah pemilihannya masing-masing," paparnya.
 
Pada kegiatan reses tersebut diharapkan yang belum disentuh eksekutif dalam mengerjakan percepatan pembangunan dengan permintaan langsung masyarakat konstituen sesuai apa yang diperlukan masyarakat, sehingga dengan adanya dukungan dari pihak eksekutif dapat memberikan masukan kepada Gubernur. Dan SKPD teknisnya akan merujuk ke Bappeda Sumatera Utara untuk segera ditindaklanjuti.

Sementara itu, pada Senin kemarin telah berlangsung pelaksanaan reses yang dimulai para wakil rakyat di sejumlah daerah pemilihan masing-masing. Sedangkan pada Selasa hari ini juga digelar di Kecamatan Medan Kota dan Kecamatan Medan Labuhan, serta di kabupaten kota lainnya. (raf)


Foto: Gedung DPRD Sumut (net)

×