Sabtu, 18 Maret 2017 - 23:05:34 WIB

Kongres AMAN Ke-V di Medan, Sekjen: Semangat Baru Kembali Perjuangkan Hutan Adat!

Editor: Administrator | Dibaca: 739
Kongres AMAN Ke-V di Medan, Sekjen: Semangat Baru Kembali Perjuangkan Hutan Adat!

PIRAMIDNEWS.COM - Masyarakat Adat Nusantara  (AMAN)  menyelenggarakan Kongres ke- V yang digelar di Kampung Tanjung Gusta, Medan Helvetia, Sumatera Utara, sejak Jumat (17/3/17) hingga Minggu (19/3) besok.

Dengan dilaksanakannya Kongres tersebut akan menjadi semangat  baru untuk melaksanakan restorasi hutan adat. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal AMAN Abdon Nababan usai pembukaan Kongres AMAN ke V di Kampong Tanjung Gusta, Medan Helvetia.

Menurut Abdon Nababan, luas wilayah hutan di Indonesia semakin lama semakin berkurang akibat pembukaan lahan hingga pergantian status tanaman hutan menjadi perkebunan milik perusahaan swasta. "Kondisi ini juga membuat AMAN berang. Apalagi, dari lahan-lahan itu, termasuk juga hutan yang dihuni masyarakat adat," katanya.

Kongres ini, menurut Abdon Nababan, menjadi semangat baru untuk kembali memperjuangkan kawasan hutan adat. Dia berharap sepulang dari kongres, peserta bisa kembali memulai gerakan restorasi itu.

"Kalaupun negara tidak membantu masyarakat adat, maka masyarakat adat akan mengerjakan tugasnya sebagai masyarakat adat," pungkasnya.

Disebutkannya, bahwa AMAN tidak pernah bergantung dengan pemerintah. Justru selama ini pemerintah telah diajak untuk melakukan perbaikan bersama.

"Yang tidak kita harapkan adalah, apabila setelah dialog-dialog ini kalau tidak ada perubahan yang konkrit, bisa jadi terjadi kembali konfrontasi," katanya.

Karena apabila terjadi konfrontasi, bisa saja akan ada pertumpahan darah yang cukup hebat. Mengingat solidaritas masyarakat adat yang semakin menguat.

Pemerintah juga dinilai lamban menyelesaikan sengketa lahan hutan adat. Menyusul semakin  maraknya kasus perampasan tanah ulayat yang berujung kekerasan.

"Memang ada upaya pemerintah mengurusi kasus ini. Tapi penyelesaiannya sangat lamban, kalau bisa penyelesaiannya sesegera mungkin, dan tidak berlarut-larut," harap Abdon Nababan kepada wartawan di sela-sela berlangsungnya Kongres yang diperkirakan jumlah peserta mencapai ribuan orang tersebut.
 
Pelaksanaan Kongres ke- V berlangsung cukup alot, hingga Sabtu siang pimpinan sidang masih melakukan pembahasan terhadap tata tertib kongres. Interupsi silih berganti yang dismpaikan para peserta, diperkirakan rapat pleno pemilihan ketua akan diselenggarakan Minggu petang," sebutnya. (raf)

Foto: Menteri LHK Siti Nurbaya membuka Kongres V AMAN di Kampung Tanjung Gusta Medan, Sumut, Jumat (17/3/17) 


×