Jumat, 15 Desember 2017 - 14:05:31 WIB

Kasi Pidum Kejari Tinjau Sel Tahanan Pengadilan Medan

Editor: Administrator | Dibaca: 130
Kasi Pidum Kejari  Tinjau Sel Tahanan  Pengadilan Medan

PIRAMIDNEWS.COM - Kasi Pidum Kejari Medan Parulian Situmorang SH MH didampingi Jaksa Penunutut Umum (JPU) P Siburian SH dan Togi Hutagaol SH sekaligus bagian pengamanan Pengadilan Negeri Medan (PNM) dari Polsek Medan Baru Hiptu Carles Siregar, belum lama ini, meninjau sel tahanan, tempat terdakwa sementara sebelum menjalani sidang di Pengadilan Negeri Medan, Sumut.

Kedatangan  Kasi Pidum Parulian Situmorang untuk memeriksa kondisi ruangan yang berisi para tahanan Tanjung Gusta yang
sebelumnya dibawa dengan mobil tahanan ke Pengadilan Negeri Medan  tersebut untuk menjalani persidangan berbagai kasus
terutama pidana umum maupun khusus seperti korupsi, di hadapan majelis hakim PN Medan.

Kedatangan Kasi Pidum didampingi JPU tersebut berlangsung pagi sembari berbincang-bincang ringan dengan para awak media.  
“Terkait wilayah hukum, telah jelas diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung No 1 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan
Mahkamah Agung No 7 tahun 2015 tentang organisasi  dan tata kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan. Bahwa empat  wilayah seperti  Pengadilan Negeri Binjai, Pengadilan Pancur Batu dan Pengadilan Negeri Labuhan Deli dan Pengadilan Negeri Medan juga jelas diatur," tutur Kasi Pidum.
    
Menurut Kasi Pidum yang ramah ini, kewenangan mengadili suatu perkara pidana sebagaimana diatur dalam pasal 84, pasal 85 dan pasal  86 KUHAP dijelaskan, haruslah berdasarkan tempat terjadinya suatu tindak pidana (locus delicti) atau  berdasarkan tempat tinggal terdakwa dan tempat para saksi berdomisili.

"Kami tidak melanggar aturan, bahkan PN Medan ini telah menjalankan wewenangnya sesuai Kepres No 14 dan 15 tahun 2016, demikian juga Pengadilan Agama yang berada di Medan. Pernyataan terkait kami melanggar aturan itu sangat keliru. Kalau mau
diperbaiki, seharusnya dirubah dulu Kepresnya," pungkas Kasi Pidum. (pin)

Foto: Sel tahanan sementara PN Medan (net)

×