Rabu, 25 Februari 2015 - 10:17:05 WIB

UED-SP Bumdes Solusi Alternatif Pinjam Dana Bagi UKM Tualang

Editor: Administrator | Dibaca: 1481
UED-SP Bumdes Solusi Alternatif Pinjam Dana Bagi UKM Tualang

Piramidnews.com - Berdirinya Unit Ekonomi Desa (UED)-Simpan Pinjam (SP)/Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dapat membantu permodalan bagi anggota Bumdes Tualang Jaya khususnya yang memiliki usaha kecil dan  menengah (UKM). Usaha ini juga menjadi alternatif bagi masyarakat yang kesulitan mengakses pinjaman dana bank.

"Kehadiran UED-SP/Bumdes diharapkan benar-benar memberikan bantuan modal kepada masyarakat melalui pinjaman bergulir. Ini juga menjadi solusi bagi masyarakat yang merasa kesulitan meminjam di bank," ungkap Camat Tualang Zulkifli MSi dalam arahannya pada Musyawarah Kampung Pertanggung-Jawaban Tahunan/Bumdes Tualang Jaya tahun 2014 dan silaturahmi serta pengukuhan RT/RK se-Kampung Tualang, Siak, Selasa (24/2/).

Zulkifli mengaku bangga  dengan perkembangan Bumdes Tualang Jaya dua tahun belakangan. Namun masih perlu dilakukan evaluasi sehingga pengelola lebih baik.

"Selain meningkatkan animo menabung, sebaiknya pengelola Bumdes Tualang Jaya  juga harus mencari modal dari pihak ketiga,"saran Camat.

Camat Tualang menghimbau kepada warga yang memanfaatkan kehadiran Bumdes Tualang Jaya agar lebih menyadari kewajiban membayar pinjamannya. Hal ini pengelola memiliki modal untuk digulirkan kepada pemanfaat lain.

"Apalagi berdasarkan laporan bahwa animo masyarakat meminjam modal di Bumdes sangat tinggi. Namun jika tunggakan banyak, tentu perguliran dana akan lambat," ujar Camat Tualang.

Sementara itu, penghulu Tualang Juprianto S.Sos mengaku bersyukur atas perkembangan yang dialami Bumdes Tualang Jaya. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama anggota yang disiplin membayar pinjaman.

Juprianto mengajak masyarakat lebih giat menabung di Bumdes Tualang Jaya dan lebih disiplin dan tertib membayar pinjaman.

Ia juga berharap ke depan ada perbaikan Bumdes yang lebih signifikan  terutama terkait tabungan pemanfaat yang masih minim dan bidang usaha.

Sementara laporan Direktur Bumdes Tualang Jaya, Ermitati menjelaskan bahwa total aset pihaknya per 31 Desember 2014 sebesar Rp 685.567.303.

Hadir pada MKPT Tualang Jaya, Korda UED SP Kabupaten Siak Ikhfa,Camat Tualang Zulkifli MSI, Kepala PLN Tualang Salman, Kanit Reskrim Polsek Tualang AKP Fajar Handikan, Upika Tualang, Kepala Desa dan Ketua BPD Tualang, Penghulu, RT/RW se-Tualang dan Pemanfaat.

Bumdes Tualang Jaya juga menyantuni anak yatim, membagi doorprize, hadiah bagi pemanfaat terbaik, disiplin dan tertib. (ram)

×