Sabtu, 17 Februari 2018 - 14:16:17 WIB

Peserta PKM Galang Dana untuk Penerima PKH Bunga Raya Siak yang Sakit

Editor: Administrator | Dibaca: 240
Peserta PKM Galang Dana untuk Penerima PKH Bunga Raya Siak yang Sakit

PIRAMIDNEWS.COM - Dalam pencairan tahap I, Program Keluarga Harapan (PKH) Bunga Raya, Kabupaten Siak, Riau,  mendapat bantuan sebesar Rp 500.000. Saat bersamaan, salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengalami sakit mata dengan gejala syaraf yang dapat mengakibatkan kebutaan dan harus segera dioperasi, masyarakat penerima dana bantuan PKH ikut prihatin lalu melakukan iyuran dengan sukarela.

"Memang ada salah satu masyarakat KPM saat ini sedang sakit mata dengan gejala saraf yang sangat berbahaya, sehingga ia dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siak, namun pihak RSUD Siak tidak sanggup, terus dirujuk ke RSUD Pekanbaru. Sampai di Pekanbaru tidak sanggup juga karena terkendala alat. Terakhir pasien dirujuk ke RS Eka Hospital. Di RS Eka Hospital harus menunggu pula hingga 3-4 bulan, atau jika mau cepat harus membayar 40 juta," jelas Suratno, Pendamping PKH Kecamatan Bunga Raya kepada Piramidnews.com, Jumat (16/2/2018).

Suratno mengungkapkan, berdasarkan informasi jika menunggu pihak BPJS  akan memakan waktu sampai 3-4 bulan, dengan alasan karena  sedang membludak pasien BPJS-nya. Untuk itu pendamping PKH Bunga Raya mengambil tindakan dengan PKH untuk saling berbagi dan membantu meringankan beban pasien yang senasib seperjuangan.

"Mengingat saudara kita lagi terkena musibah, maka dari itu kami bermusyawarah dengan PKH untuk saling berbagi, dan kita juga sampaikan bahwa berbagi tidak harus menunggu kita kaya, karena harta tidaklah mungkin berkurang dengan sedekah. Alhamdulillah  para penerima bantuan dengan antusias menyambut usulan saya, dan mereka iyuran seikhlasnya untuk membantu pasien ini, dan terkumpul dana iyurannya sekitar Rp 4.811.000," jelas Ratno.

Disebutkan Ratno, jumlah penerima bantuan PKH di Bunga Raya sebanyak 208 orang. "Sekitar 208 orang KPM ini dengan suka rela memberikan hartanya untuk membantu pasien yang sama-sama sebagai KPM Kecamatan Bunga Raya, saya berharap iyuran ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban pasien sekeluarga," harapnya.

Sementara itu Tarman, salah satu KPM mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sangat memperhatikan masyarakat yang kurang mampu. Ia berharap program bantuan ini bisa terus berlanjut.

"Kami sebagai penerima bantuan sangat bersyukur karena walaupun kami orang tak mampu, namun kami bisa saling berbagi walau hanya sedikit, semoga sumbangan dari kami yang tak seberapa ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban keluarga pasien," pungkasnya (Sugianto)

Ket: Pendamping PKH Bunga Raya Suratno menyerahkan bantuan iyuran dari KPM Bunga Raya kepada keluarga pasien sakit mata.

×