Selasa, 20 Februari 2018 - 22:55:45 WIB

Kapolsek di Siak Ini Himbau Warga Waspadai Karhutla

Editor: Administrator | Dibaca: 123
Kapolsek di Siak Ini Himbau Warga Waspadai Karhutla

PIRAMIDNEWS.COM - Menjelang masuknya musim kemarau, Kapolsek Bunga Raya AKP Zulkifli Ahmad menghimbau masyarakat Bunga Raya khususnya masyarakat Kampung Tuah Indrapura, Jatibaru, Temusai dan kampung lainnya yang rawan kebakaran agar tidak membakar lahan sembarangan.

Selain itu, Kapolsek juga berharap kepada masyarakat, baik dari Masyarakat Peduli Api (MPA) maupun Satgas Kampung  agar dapat bekerjasama dengan Babinkamtibmas untuk melakukan patroli di tempat-tempat yang rawan akan kebakaran.

"Beberapa hari yang lalu memang terjadi kebakaran di Kampung Tuah Indrapura, diperkirakan lahan yang terbakar seluas 15 hektare. Di daerah ini memang sudah jadi langganan kebakaran kalau musim kemarau, untuk itu kita berharap kepada masyarakat agar sama-sama mengawasi lahan-lahan yang rawan kebakaran agar tidak terbakar lagi," tegas Kapolsek Bunga Raya AKP Zulkifli kepada Piramidnews.com, Senin (19/2/2018).

AKP Zulkifli juga mengakui, untuk mengatasi karhutla di areal lahan gambut tidak semudah membalik telapak tangan, membutuh kerja keras dari tim pemadam. "Kebakaran yang terjadi kemarin, sampai saat ini masih dalam tahap pendinginan. Memang kalau dilihat dari atas, api sudah mati. Namun bara api yang di bawah tanah gambut masih ada, untuk itu kita perlu memadamkan api itu sampai ke akar-akarnya dan butuh waktu yang cukup," jelasnya.

Di daerah lahan gambut, kata AKP Zulkifli, perlu sekali embung-embung air untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, kalau di setiap lahan ada embung air atau sumur, tentunya akan mempermudah pemadaman.

"Semoga dengan kerjasama yang baik, antara masyarakat dengan Polisi, Damkar, MPA, Satgas Kampung serta perusahaan, kebakaran yang terjadi di daerah kita bisa diatasi, dan kita akan tindak tegas bagi pelaku pembakaran lahan dan hutan," pungkasnya. (Sugianto)

Foto: Kapolsek Bunga Raya AKP Zulkifli Ahmad

×