Selasa, 31 Oktober 2017 - 08:48:35 WIB

Tingkatkan Ekonomi Warga, Perusahaan Sawit di Rohul Ini Bentuk Petani Budidaya Lele di Ngaso

Editor: Administrator | Dibaca: 266
Tingkatkan Ekonomi Warga, Perusahaan Sawit di Rohul Ini Bentuk Petani Budidaya Lele di Ngaso

PIRAMIDNEWS.COM - Bentuk tanggungjawab sosial ke masyarakat sekitar serta upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, PT Rohul Sawit Industri (RSI)‎ membentuk kelompok petani kerambah budidaya ikan lele dumbo di Desa Ngaso, Kecamatan Ujung Batu, Rohul, Riau.

Diakui Manager PT RSI‎ Torang M Nababan melalui Humas PT RSI Syahrial Siregar, untuk tahap awal, perusahaan fokus bentuk kelompok tani kerambah budidaya ikan lele dumbo serta penambang pasir di Desa Ngaso.

Bantuan bersumber dari dana CSR pola modal bergulir diberikan kepada kelompok tani budidaya ikan lele dan hal itu bukan hanya bantuan benih saja, namun sudah termasuk pakan. "Tahap awal, PT RSI membina petani kerambah Desa Ngaso, sebagai wilayah hilirisasi dari perusahaan,"‎ jelas Syahrial Siregar, Senin (30/10/17).

Pada tahap awal, para petani kelompok kerambah ikan lele dumbo di Desa Ngaso dibantu benih sekaligus pakan dan pada September 2017 lalu kembali disalurkan 10 ribu benih ikan lele dumbo. “Sudah beberapa kali panen dan petani kerambah binaan kita bisa panen dalam waktu 1,5 bulan atau enam minggu,"‎ ungkapnya.

Tambah Syahrial, selain membantu petani kelompok budidaya lele dumbo, PT RSI juga punya rencana untuk penerapan budidaya sayur mayur di desa lain yang ada di sekitar perusahaan. “Kita melakukannya secara bertahap dulu," pungkas Syahrial. (Mad)

Foto: Kolam pengembangan budidaya ikan lele dumbo bantuan PT RSI untuk warga kelompok tani di Desa Ngaso.

×