Selasa, 31 Oktober 2017 - 07:29:08 WIB

Ribuan Pelajar Rohul Ikuti Hari Santri Nasional di Masjid Agung Islamic Center

Editor: Administrator | Dibaca: 258
Ribuan Pelajar Rohul Ikuti Hari Santri Nasional di Masjid Agung Islamic Center

PIRAMIDNEWS.COM - Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Pasir Pengaraian, Rohul, Riau, Senin (30/10/17) pagi.

Kegiatan perdana yang digelar oleh FKPP Rohul ini diikuti sekitar 3000 pelajar dari 18 Pondok Pesantren se-Kabupaten Rokan Hulu yang pada tahun ini mengangkat tema “Wajah Pesantren Wajah Indonesia". Pada  peringatan Hari Santri ini, ditampilkan berbagai kesenian hasil kreasi dari para santri seperti Tilawah, Tahfis, Nasyid, Pidato Bahasa Arab, Marawis, Drama Bahasa Arab, Khotbah Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, stand up komedi dan kesenian lainnya.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Rohul H Rusli mengatakan, Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2017 lalu, namun baru dapat dilaksanakan hari ini, namun tidak mengurangi maknanya. “Walaupun terlambat, tapi kegiatan Hari Santri ini berjalan sukses dan lancar,” ungkapnya.

Dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 ini dirangkai dengan kegiatan pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Rohul untuk masa bakti 2017-2022 yang diketuai H Abdul Muis yang merupakan Pimpinan Ponpes Darul Ulum Kecamatan Tandun.

Ketua FKPP Rohul  H Abdul Muis didampingi Sekretarisnya Ahmad Siregar mengaku, dengan terbentuknya FKPP Rohul maka langkah pertama yang akan dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendidikan pesantren dengan cara tukar menukar informasi pendidikan, untuk saling mengisi kekurangan masing-masing pesantren. “FKPP ini terdiri dari 20 orang pengurus dan dilantik langsung oleh Ketua FKPP Provinsi Riau Prof Ahmad Mujahidin,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris FKPP Rohul, Ahmad Siregar, dirinya berharap melalui peringatan Hari Santri Nasional ini, pondok pesantren di Rohul akan lebih baik lagi.

“Melalui FKPP ini nanti kita akan bangkitkan kembali semangat pondok pesantren di Rohul, karena kan selama ini banyak kita lihat pondok-pondok pesantren yang kurang berkembang, untuk itu kita akan gairahkan kembali kegiatan-kegiatan di pondok pesantren,” ungkap pimpinan Ponpes Daarul Quran ini.

“Momentum Hari Santri Nasional dan pengukuhan ini, akan kita jadikan pondok-pondok pesantren di Rohul menjadi yang terbaik di Provinsi Riau,” harapnya. (Mad)

Foto: Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Pasir Pengaraian, Senin (30/10/17) pagi.

×