Jumat, 17 November 2017 - 21:32:12 WIB

Petani Rohul Terima Bantuan 47 Hand Tractor dari Kementerian Tahun Ini

Editor: Administrator | Dibaca: 302
Petani Rohul Terima Bantuan 47 Hand Tractor dari Kementerian Tahun Ini

PIRAMIDNEWS.COM - Upaya tingkatkan hasil produksi bidang pertanian padi sawah petani, Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), terus berupaya menyediakan alat mesin pertanian (alsintan) dengan berupaya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Rohul Mubrizal SP MMA, pada tahun 2017 ini dinasnya sudah menyerahkan bantuan alsintan 47 unit hand tractor kepada kelompok tani tersebar di 16 kecamatan.

Jenis alsintan yang dibantu terdiri 47 unit hand tractor dan bantuan dari Kementrian Pertanian itu, 30 unit di antaranya sudah diserahkan ke kelompok tani, sedangkan 17 unit lagi menunggu proses administrasi dari kelompok tani calon penerima.
“Setiap kelompok tani, mereka mendapatkan satu unit hand tractor," jelas Mubrizal, Kamis (17/11/17).

Katanya lagi, dengan adanya hand tractor, Mubrizal harapkan masing-masing kelompok tani penerima memanfaatkan Alsintan bantuan semaksimal mungkin, sehingga hasil produksi padi sawah di Kabupaten Rohul terus mengalami peningkatan setiap tahun.

"Hand tractor tersebut tentunya dapat mengurangi tenaga kerja untuk pengolahan sawah dan dapat meringankan biaya petani atau kelompok tani. Adanya mesin itu tentu hasilnya lebih bagus jika dibandingkan dengan cara manual," ujarnya.‎

Terlepas dari itu, Kadis Mubrizal mengaku pada 2017 ini belum ada perluasan areal pertanian padi sawah di Rohul. "Belum ada perluasan areal persawahan tahun ini," ujarnya singkat. (Mad)

Foto: Hand tractor digunakan pada penanaman padi (Ilustrasi/net)

×