Rabu, 17 Januari 2018 - 11:46:21 WIB

LAMR Rohul Tetapkan Nama LAM di Tingkat Kabupaten Hingga Desa

Editor: Administrator | Dibaca: 166
LAMR Rohul Tetapkan Nama LAM di Tingkat Kabupaten Hingga Desa

PIRAMIDNEWS.COM - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menetapkan nama-nama LAM mulai tingkat kabupaten, luhak, kecamatan dan LAM tingkat desa.

Penetapan organisasi LAM  dilakukan melalui Sidang Majelis yang dipimpin Ketua LAMR Rohul H Zulyadaini dan Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) H Tengku Rafli SSos, dihadiri Pengurus LAMR Rohul, Lembaga Kerapa‎tan Adat (LKA), dan Hulubalang di Aula Kantor LAMR Rohul, Pasir Pangaraian, Riau, Selasa (16/1/2018).

Dikatakan Ketua LAMR Rohul H Zulyadaini, bahwa ada 4 poin yang menjadi bahasan dalam Sidang Majelis Penyusunan dan Penetapan Organisasi LAM, yakni penetapan nama-nama LAMR tingkat luhak, tingkat kecamatan, tingkat desa dan evaluasi masa kepengurusan LKA kecamatan.

Ketua LAMR Rohul H Zul juga mengatakan di sidang MKA LAMR‎ Rohul juga dibahas penyusunan dan penetapan tunjuk ajar dan cara pakaian melayu,‎ penyusunan dan penetapan warkah/maklumat, serta peraturan organisasi hulubalang.

Sebutnya lagi, LKA akan satu nama ke depannya seperti LKA akan diikuti nama kecamatan dan di ujungnya diikuti Luhak Rambah. Demikian juga untuk LKA di desa, didahului nama desa dan diikuti Luhak Rambah. “Nama Luhak itu tidak ditinggalkan. Di Rohul ada lima Luhak," jelasnya.

Dengan adanya penetapan nama LAM mulai ‎kabupaten hingga desa, sebut H Zul, adat dan budaya melayu tetap selaras mulai di tingkat kabupaten hingga tingkat desa.

“Bila adat itu satu dengan Luhak‎, tentu sampai ke desanya harus satu. Seperti contohnya pucuk suku, setiap luhak ada beberapa suku, namun pucuk sukunya tetap satu. Itu yang kita harapkan," ungkapnya.

Juga dibahas dalam sidang tersebut, mengenai Tanjak khas Melayu Rohul 'Unak Serantau' yang sudah dipatenkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rohul dan ditetapkan cara pemakaiannya.

Seperti tanjak untuk pejabat penting atau petinggi, maka tanjak berwarna kuning dan hitam‎, sedangkan untuk pejabat eselon akan disesuaikan dan akan diatur oleh Disparbud Kabupaten Rohul.

"Sedangkan untuk umum atau anak kemenakan bermacam-macam,‎ namun untuk penetapan kita serahkan ke Dinas Pariwisata. Menyesuaikanlah, tempat dan waktu sesuaikan. Tidak bisa sembarang pakai itu tanjak‎," tambah H Zul. (Mad)


Foto: Ketua LAMR Rohul H Zulyadaini (kanan) dan Ketua MKA Rohul H Tengku Rafli menggelar sidang majelis yang dihadiri Ketua Hulubalang H Syafaruddin Poti di Aula LAM Rohul, kemarin.

×