Jumat, 25 Mei 2018 - 09:32:20 WIB

Kwarcab Pramuka Keluhkan di Provinsi Riau Hanya Rohul yang Tak Miliki Bumi Perkemahan

Editor: Administrator | Dibaca: 50
Kwarcab Pramuka Keluhkan di Provinsi Riau Hanya Rohul yang Tak Miliki Bumi Perkemahan

PIRAMIDNEWS.COM - Dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau, hanya Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) saja yang kini tidak memiliki bumi perkemahan untuk kegiatan Kepramukaan. Sementara bumi perkemahaan, harus dimiliki karena dalam lomba Kepramukaan bumi perkemahan akan dinilai tertinggi 100.

Hal itu disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Rohul Drs H Ibnu Ulya MPd melalui Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarcab Gerakan Pramuka Rohul H Khairul Akmal, Kamis (24/5/2018), menyikapi batalnya dibangun bumi Perkemahan Kepramukaan Rohul di Desa Serombo Indah Kecamatan Rambah Hilir.

Disebutkan Khairul Akmal yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, semula lahan 10 hektare  untuk bumi perkemahan di Desa Serombo Indah ternyata masuk dalam Kawasan Hutan Konversi sehingga tidak dapat dijadikan kawasan Bumi Perkemahan Kepramukaan.  

“Semula, sudah ada 10 hektare lahan hibah di Desa Serombo Indah, namun itu masuk dalam kawan hutan Konversi, yang nantinya tidak bisa dibangun sarana prasarana pendukung untuk kegiatan Kepramukaan. Sehingga kita harus mencari lahan pengganti untuk bumi pekemahan yang permanen,” katanya.

Dengan bantuan Bupati Rohul H Sukiman selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Rohul, agar dicarikan lahan sebagai bumi perkemahan yang permanen, dengan luas 10 hektare dan seluas itu dinilai sudah sangat ideal untuk bumi perkemahaan di kabupaten.
 
Khairul Akmal juga menyatakan, lahan seluas 10 hektare yang diperuntukan bumi perkemahan, ke depannya bukan saja sebagai kegiatan Kepramukaan. Namun, rencananya bila lahan itu sudah ada maka akan dibuat perusahaan air mineral, termasuk objek wisata pendidikan (edukasi) seperti out bond bagi OPD, masyarakat maupun pelajar di Rohul.

"Rohul kalah terus saat bertanding pada ajang Kepramukaan karena kita tidak miliki bumi perkemahaan permanen, sementara nilai memiliki bumi perkemahaan permanen bisa 100 point sehingga Rohul kerap berada di Juara 2 dan 3 saja,” keluh  Khairul Akmal. (Mad)

 Foto: Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwurcab Gerakan Pramuka Rohul H Khairul Akmal



×