Jumat, 08 Juni 2018 - 23:18:22 WIB

Kemenag Tetapkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal 2018, Ini Besarannya untuk di Rohul!

Editor: Administrator | Dibaca: 282
Kemenag Tetapkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal 2018, Ini Besarannya untuk di Rohul!

PIRAMIDNEWS.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sudah menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan umat Muslim di Negeri Seribu Suluk, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Disebutkan Kepala Kantor Kemenag Rohul Drs H Syahrudin MSy, sesuai Surat Edaran Nomor: 1424/Kk.04.10/5/BA.03.2/2018, tentang Ketentuan Zakat Fitrah dan Zakat Maal, besaran zakat fitrah sudah ditetapkan sesuai survey harga dilakukan di Pasir Pangaraian dan sekitarnya.

Sesuai surat edaran tersebut, Zakat Fitrah yang harus dibayar umat Muslim berupa makanan yang mengenyangkan, dalam hal ini beras 2,5 kilogram. Namun bila dibayar dalam bentuk uang, harga tertinggi Rp 34.750 dan terendah Rp 25.000 per orangnya.

Beras Natural, Kuku Balam, Ramos, Panda, Sokan, dan Pandanwangi, zakat fitrah dibayarkan Rp 34.750. Beras Ananda, Anak Daro dan Solok zakat fitrah dibayarkan Rp 32.000. Lalu, untuk beras jenis CML, Mawar, Topi Koki, Apel Beras F4 zakat fitrah dibayarkan Rp 28.000. Sedangkan beras Bulog?, zakat fitrah dibayarkan yakni Rp25.000.

Syahrudin mengatakan, secara fiqih, zakat fitrah dibayarkan umat Muslim dimana kita merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan untuk zakat maal, dibayarkan dimana usaha didapat.

Sebut Syahrudin, zakat fitrah sudah dibayarkan sejak 1 Ramadhan lalu sampai 1 Syawal sebelum khatib naik mimbar. Setelahnya, akan masuk dalam sedekah biasa.

"Kita menghimbau masyarakat Rohul untuk membayarkan zakat fitrah secepatnya. Paling baik sejak 1 Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri, sebelum khatib naik mimbar," sebut  Syahrudin.

Kemudian, selain zakat fitrah, sambung Syahrudin, umat Muslim di Kabupaten Rohul juga jangan lupa untuk membayarkan zakat maal (zakat harta dan zakat penghasilan).

Ketentuan Hukum Islam, jelas Ka Kemenag, zakat maal diqiaskan dengan nisab emas 85 gram. Jika harga 1 gram emas Rp 590 ribu. Sehingga jika jumlah harta sudah mencapai Rp 50.150.000, maka zakat maal yang harus dikeluarkan sebesar 2,5 persen atau Rp 1.253.750.

Untuk pembayaran zakat fitrah dan zakat maal bisa dibayarkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di setiap masjid atau mushalla.

Kemudian kata Syahrudin lagi, bagi umat Muslim yang mempunyai kebun kelapa sawit juga harus membayarkan zakat pertanian sebesar 2,5 persen dari penghasilan setiap kali panen.

Zakat pertanian, jelas Syahrudin, banyak pakar yang menganologikan, karena kelapa sawit tidak bisa dikonsumsi, sehingga hasilnya masuk dalam zakat perdagangan. Sedangkan dianologikan zakat perdagangan maka 2,5 persen dan dibayarkan per tahun. “Sebaiknya dibayar setiap bulannya, sehingga tidak terasa berat kalau dibayarkan per tahun," ujarnya.

Untuk zakat penghasilan dari gaji, tambah Syahrudin, bagi umat Muslim yang bergaji di atas Rp 4,166 juta sudah wajib mengeluarkan zakat 2,5 persen setiap menerima gaji. (Mad)

Foto: Ilustrasi/net


×