Sabtu, 30 September 2017 - 10:07:56 WIB

Jamin Ketersediaan Benih Unggul, DTPH Rohul Bentuk 9 Desa Mandiri Benih

Editor: Administrator | Dibaca: 67
Jamin Ketersediaan Benih Unggul, DTPH Rohul Bentuk 9 Desa Mandiri Benih

PIRAMIDNEWS.COM - Ketersediaan benih unggul, jadi salah satu faktor penting dalam pencapaian peningkatan produksi beras di
Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Untuk itu, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya menjamin ketersediaan bibit unggul untuk kebutuhan para petani di setiap masuknya musim tanam.

Upaya yang dilakukan DTPHK menjamin ketersediaan benih, diimplementasikan dengan membentuk Desa Mandiri Benih yang sudah
dilakukan secara berkala, sejak tahun 2015 hingga 2017.

Diakui Kepala DTPH Rohul Mubrizal SP MMA kemarin mengatakan, sejak tahun 2015 sampai 2017 ini, DTPH sudah berhasil membentuk 9 Desa Mandiri Benih melalui bantuan dana APBN. Kesembilan desa tersebut masing-masing Desa Menaming, Pasir Maju, Rambah Tengah Barat, Pasir Maju, Pasir Baru, Rambah Baru, Pasir Makmur, Bangun Purba Timur Jaya, Kelurahan Rokan, Dan Cipang Kiri Hulu.

“Tujuan dibentuknya Desa Mandiri Benih adalah untuk memberikan fasilitas ke kelompok tani atau kelompok penangkar dalam
meningkatkan kapasitas mereka memproduksi benih guna memenuhi kebutuhan benih di wilayahnya,” ujar Kepala DTPH.

Jelas Mubrizal, dalam Program Desa Mandiri benih, pemerintah memberikan bantuan bibit unggul Varietes Legawa dan Impari 6,
untuk lahan seluas 10 hektare lengkap dengan pupuk dan pembasmi hamanya. Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan
pembangunan gudang pengumpulan benih, lengkap dengan lantai jemurnya.

“Setiap 1 hektare lahan, diperkirakan dapat menghasilkan 30 ton bibit padi bekualitas unggul. Artinya dari 7 Desa Mandiri Benih yang sudah berporduksi, kita bisa hasilkan 210 ton bibit unggul untuk memenuhi kebutuhan benih di setiap musim tanam,” ujarnya.

Mubrizal menjamin, benih yang dihasilkan Desa Mandiri Benih ini memiliki kualitas yang baik, serta telah disertifikasi oleh lembaga berkompeten. Bahkan, diakuinya, sejumlah daerah di Riau serta PT Pertani telah membeli benih yang diproduksi oleh Desa Mandiri Benih.

“Petani tidak perlu ragu lagi membeli benih yang diproduksi Desa Mandiri Benih karena benih tersebut sudah tersertifikasi lembaga Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Riau,” tegasnya.

Meski hanya mampu memenuhi kebutuhan benih di desanya sendiri, Mubrizal mengakui, hasil produksi benih yang dihasilkan 7 Desa Mandiri Benih, belum mampu pemenuhi kebutuhan benih untuk 2.299 hektare sawah di Rohul. Untuk itu, dirinya berharap ke depan, Program ini dapat terus dilanjutkan di desa-desa lainnya sehingga kelak Rohul tidak perlu lagi membeli benih dari luar.

“Dengan adanya Desa Mandiri Benih, kita harapkan para petani tidak ada lagi yang menanam benih varietas lokal. Selain itu kita harapkan kebutuhan benih padi di Rohul tidak perlu lagi kita datangkan dari luar,” ucapnya. (Mad)


Foto: Kepala DTPH Rohul Mubrizal

×