Rabu, 01 November 2017 - 07:07:11 WIB

Cara Unik Peringati Sumpah Pemuda, 40 Petani Sawit Rambah Muda Ikuti Lomba Cross

Editor: Administrator | Dibaca: 150
Cara Unik Peringati Sumpah Pemuda, 40 Petani Sawit Rambah Muda Ikuti Lomba Cross

PIRAMIDNEWS.COM - Berbagai macam cara dan kegiatan masyarakat untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober.
Warga Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir, Rokan Hulu (Rohul), Riau, menggelar perlombaan motor Cross.

Namun uniknya, biasanya Motor Cross dibawakan para raider-raider handal dan sudah terbiasa dalam menaklukkan berbagai rintangan, dan kali ini Motor Cross yang digelar pemuda Rambah Muda sangat unik.

Lomba yang diberi nama Duta Gras Track Enduro Rambah muda, diikuti para petani sawit dan karet yang ada di Desa Rambah Muda. Selain itu, sepeda motor yang digunakan juga sepeda motor untuk melangsir kelapa sawit maupun karet.

Dikatakan Kepala Desa Rambah Muda, Rian Denny Setiawan SIp perlombaan cross ini diadakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

"Kita memilih lomba ini, karena mayoritas masyarakat Rambah Muda berprofesi sebagai petani sawit dan karet dan kesehariannya selalu mengangkut hasil panen atau yang sering disebut "langsir" dengan sepeda motor," katanya, Minggu (29/10/17) sore.

Duta Gras Track Enduro dibagi menjadi tiga kelas, yakni Kelas Langsir, Campuran dan Hiburan. Setiap kelasnya akan mendapat hadiah dari Juara I, II dan III.

Untuk track atau jalur yang dilalui para petani yakni jalan berlumpur yang panjang serta melewati rawa-rawa, dengan jumlah peserta mencapai 40 orang.

“Seluruh peserta orang lokal dan petani, mereka tampak antusias dalam mengikuti perlombaan ini, karena kan mereka sering melewati jalan seperti ini juga,”  terangnya.

Kata Kades lagi, perlombaan itu digelar selama dua hari, mulai Jumat (27/10/17) hingga Sabtu (28/10/17). Kemudian untuk hadiah,  Juara I memperoleh uang Rp 500 ribu, Juara II Rp 400 ribu dan Juara III Rp 300 ribu.

untuk kelas modifikasi, Kelas Langsir Juara I memperoleh hadiah Rp 400, Juara II Rp 300 dan Juara III Rp 200. Sedangkan  untuk Kelas Campuran Juara I Rp 400 ribu, Juara II Rp 350 ribu dan Juara III  Rp 300 ribu.

Dengan lomba yang digelar, Kades yang ikut serta dalam lomba di Kelas Campuran berhasil meraih Juara III ini  berharap, pemuda-pemuda Rambah Muda bisa semakin kompak dan bersatu sehingga pembangunan di Rambah Muda semakin baik ke depannya.

Di lomba tersebut, terlihat para petani sawit dan karet yang mengikuti perlombaan dengan antusias meraih juara bak pemain cross profesional.

Bahkan tidak jarang para peserta terjatuh di kubangan lumpur yang membuat gelak tawa penonton menjadi pecah. Di pemandangan
lain, sejumlah pemuda Rambah Muda terlihat kompak membantu mendorong sepeda motor yang tak mampu melewati kubangan lumpur.  (Mad)

Foto: Peserta lomba motor cross yang rata-rata petani sawit dan petani karet dengan semangat juang yang tinggi menjejal track berlumpur tebal demi memenangkan lomba yang digelar, Minggu (29/10).  



×