Selasa, 26 Desember 2017 - 23:07:35 WIB

Harga Sembako Meroket di Rohul, Cabai Merah Capai Rp 60 Ribu/Kg

Editor: Administrator | Dibaca: 148
Harga Sembako Meroket di Rohul, Cabai Merah Capai Rp 60 Ribu/Kg

PIRAMIDNEWS.COM - Jelang Tahun Baru 2018, harga sembako mulai merangkak naik di Pasar Modern Kampung Padang, Pasir
Pengaraian Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Para pedagang mengaku kenaikan ini terjadi sejak seminggu terakhir. Pembeli sendiri mengeluh karena mulai melejitnya harga
sembako."Semua mahal-mahal," keluh Ibu Omeng, salah seorang pembeli di Pasar Modern, Senin (26/12/17).

Sebelumnya Wakil Bupati Rokan Hulu H Sukiman yang memantau harga sembako mengatakan Natal dan Tahun Baru tidak mempengaruhi kenaikan harga.

“Setelah kita pantau, harga sembako di pasaran yang dijual pedagang masih stabil. Cuma beberapa kebutuhan saja yang naik,
seperti tomat, telur ayam ras dan daging. Itu juga kenaikannya masih dalam batas wajar dan tidak signifikan. Artinya, kenaikan harga sembako tidak berpengaruh menjelang Natal dan Tahun baru,” ucap Wabup Sukiman, Rabu (20/12) lalu.

Berdasarkan pantauan harga pada, Senin (26/12), kenaikan harga yang justru cukup mencolok terjadi pada hargai cabai, daging ayam, telur ayam, beras dan ikan. "Harga daging ayam mengalami kenaikan Rp 5 ribu. Harga sebelumnya Rp 40 ribu sekarang jadi Rp 45 ribu sudah 3 hari ini.

Keadaan sepertinya biasanya akan kembali normal setelah Tahun Baru," prediksi Yanti, salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Modern kepada wartawan.

Untuk harga cabai, kenaikan juga terjadi untuk cabai merah dan rawit berkisar Rp 2 ribu hingga Rp 10 ribu. "Harga cabai naik, cabai merah Rp 60.000 dari sebelumnya Rp 50.000, cabai rawit juga sama. Kalau cabai hijau tetap," tutur Mak Neri, seorang pedagang.

Ia juga menambahkan harga bawang merah, bawang putih dan tomat juga mengalami kenaikan. Untuk kebutuhan lain, terpantau
harga telur ayam juga dikeluhkan ibu-ibu pembeli. Walau kenaikan sekitar Rp 3 ribu, namun kenaikannya cukup dirasakan. "Naik, harga telur sekarang lebih mahal. Kenaikan harga terjadi sejak sebelum Natal," kata seorang pembeli.

Sementara itu, bahan pokok utama yakni beras dilaporkan turut pula mengalami kenaikan, kenaikan terjadi sebesar Rp 5 ribu per karung. Menurut mereka, suplai beras dari Medan mengalami kenaikan, sedangkan beras dari Sumbar tidak mengalami kenaikan.

Kenaikan menjelang pergantian tahun ini justru tidak terjadi pada harga daging sapi. Arief mengatakan, harga daging normal saja yakni Rp 120 ribu. "Kenaikan biasa terjadi jika Lebaran Idul Fitri saja," jelas padagang daging sapi tersebut. (Mad)


Foto: Suasana Pasar Modern Pasir Pangaraian menjelang Hari Natal dan Tahun Baru.

×