Senin, 18 Desember 2017 - 11:32:35 WIB

Drama Kolosal Tuanku Tambusai di Hari Juang Kartika Buat Kagum KASAD

Editor: Administrator | Dibaca: 81
Drama Kolosal Tuanku Tambusai di Hari Juang Kartika Buat Kagum KASAD

PIRAMIDNEWS.COM - Penampilan drama klosal tentang perjuangan Pahlawan Nasional asal Dalu-dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, dipuncak peringatan Hari Juang Kartika ke-72 yang dipusatkan di Stadion Khairuddin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Jumat (15/12/17) lalu membuat kagum Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI-AD, Jenderal TNI Mulyono dan pengunjung.

Drama kolosal yang ditampilkan pelajar SMAN I Tambusai bersama prajurit TNI Kodim 0313/KPR serta Koramil di jajaran Kabupaten Rohul cukup memukau dan hipnotis penonton, juga KASAD TNI-AD, yang dihadiri Gubernur Riau, Bupati dan Walikota se-Riau, termasuk ribuan prajurit TNI-AD, TNI-AU, TNI AL serta ribuan pelajar juga ribuan masyarakat yang menyaksikan puncak peringatan Hari Juang Kartika ke-72.   

Drama klosal tersebut, mengisahkan tentang perjuangan sosok Tuanku Tambusai yang sangat ditakuti penjajah Belanda kala itu, yang diperankan Adtriansyah (18) seorang siswa SMAN 1 Tambusai anak pertama dari Mayulis (40) dari Desa Tambusai Barat, Kecamatan Tambusai, Rohul.

Dalam cerita itu, sosok Tuanku Tambusai merupakan seorang yang sangat dicintai rakyat juga pemberani mengobarkan semangat para pejuang untuk tidak takut mati dalam mempertahankan nusa, bangsa, dan agama.

Dikatakan Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto, Drama Kolosal yang dibawakan pelajar SMN I Tambusai, memang sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk menyambut Hari Juang Kartika.

“Drama Kolosal Tuanku Tambusai sudah lama kita siapkan, dan ini untuk mengingatkan perjuangan sosok Pahlawan dari Rohul Provinsi Riau,” ungkap Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto, Minggu (17/12/17).

Dandim berharap, dengan ditampilkannya pertunjukan drama klosal Perjuangan Tuanku Tambusai, agar dapat memotivasi masyarakat kita untuk selalu mengingat sejarah yang ada di Indonesia terutama bagi kalangan generasi muda di Riau, khususnya Rohul.

Dandim juga mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas peran pelajar SMN I Rambah, termasuk pihak pihak yang sudah mendukung kegiatan tersebut, termasuk seluruh Prajurit TNI-AD yang ada di kabupaten Rohul sehingga pelaksanaan penampilan Drama Klosal perjuangan Tuanku Tambusai sukses dan mendapat respon positif dari masyarakat termasuk KASAD TNI-AD.

“Dengan semangat para pelajar dan prajurit TNI-AD di Rohul, sudah membawakan drama kolosal perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai. Itu menunjukkan, bahwa keberadaan sosok pahlawan Tuanku Tambusai sangat diperhitungkan Belanda saat masa penjajahan. Untuk itu, saya harapkan seluruh generasi penerus bisa menghargai pejuang, dan melanjutkan dengan mengisi perjuangan untuk negara Indonesia yang kita cintai ini,” harap Dandim 0313/KPR. (Mad)

Foto: Atraksi Drama kolosal perjuangan pahlawan asal Dalu-dalu Tuanku Tambusai ditampilkan pada puncak peringatan Hari Juang Kartika ke-72 di Stadion Khairuddin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Jumat (15/12/17) lalu.


×