Senin, 16 Juli 2018 - 10:03:10 WIB

DPD PKS Rohul Pertama Daftarkan Bacalegnya ke Kantor KPU

Editor: Administrator | Dibaca: 88
DPD PKS Rohul Pertama Daftarkan Bacalegnya ke Kantor KPU

PIRAMIDNEWS.COM - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menjadi partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) pertama yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg)-nya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul, Sabtu (14/7/2018).

Pada Pendaftaran ke Kantor KPU Rohul itu dipimpin Ketua DPD PKS Rohul Mahmud SE, didampingi sejumlah pengurus dan puluhan kader PKS lainnya serta para Bacaleg PKS.

Saat itu, rombongan DPD PKS Rohul tiba di Kantor KPU Rohul sekitar pukul 11.55 WIB, diterima tiga Komisioner KPU Rohul dari tim III seperti Elpendri ST MEng, Fitriati Is, Nofriser serta tim pendaftaran KPU Rohul.

Diakui ‎Ketua DPD PKS Kabupaten Rohul, Mahmud SE, di sela-sela  pendaftaran, PKS jadi partai pertama yang mendaftarkan 45 Bacalegnya ke KPU. Menurutnya, seharusnya PKS sudah mendaftar Jumat (13/7/15) kemarin, tetapi saat akan men-submit data website resmi KPU RI error.

“Berkat kerja‎ rekan-rekan sekretariat, pukul 03.15 WIB dinihari tadi kita sudah resmi terdaftar," kata Mahmud usai daftarkan Bacalegnya ke Kantor KPU Rohul, Sabtu siang.

Dijelaskan Mahmud, ada 45 Bacaleg dari PKS Rohul yang didaftarkan atau dengan kekuatan penuh. Sementara, keterwakilan perempuan mencapai 33,35 persen.

Menurutnya, Bacaleg dari ASN di PKS tidak ada, termasuk mantan narapidana. Dimana sebelumnya beberapa penyelenggara Pemilu yang awalnya mendaftar,‎ namun mereka pada akhirnya mengundurkan diri.

Target kursi sesuai amanat Musyawarah Daerah (Musda) PKS tahun 2015, atau minimal 7 kursi di DPRD Kabupaten Rohul, sama seperti perolehan kursi yang diraih DPD II Partai Golkar Rohul di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 silam. “PKS Rohul targetkan jadi partai papan atas, bisa satu, dua, dan tiga," sebut Mahmud dan mengaku untuk Bacaleg DPRD Provinsi Riau, ada 6 orang.

“Rata-rata Bacaleg dari PKS Rohul masih berusia muda, itu sesuai tagline PKS sejak zaman dulu yakni Partainya Anak Muda,” sebutnya.

Kemudian, PKS partai berbasis pemilih Islam di Indonesia, untuk perekrutan PKS Rohul menerapkan sistem terbuka dengan dua jalur,‎ yaitu jalur kader dan jalur anggota. Sedangkan untuk jalur anggota terbagi dua, yakni anggota terbina dan anggota terdaftar yaitu dari masyarakat umum.

Sebagai partai anak muda, DPD PKS Rohul punya strategi tersendiri untuk memenangi Pileg 2019, yakni dengan mengoptimalkan Bacaleg dari anak muda atau Caleg Mileneal sekitar 40 persen.

“Sebelumnya ada Bacaleg anak muda berusia 19 tahun yang ikut mendaftar. Meski sudah memenuhi bahan persyaratan, namun Bacaleg ini batal mendaftar karena ada Peraturan KPU yang mengaturnya, yakni minimal usia Bacaleg 21 tahun. Anak muda memang cocok gabung di PKS‎," ucap Mahmud.

Komisioner Divisi Teknis KPU Rohul ‎Elpendri ST MEng‎ mengaku tim pendaftaran dari KPU Rohul sudah melakukan pemeriksaan berkas pengajuan berkas calon yakni fomulir B1, B2‎, dan B3. “Hingga azan shalat Zuhur, untuk pemeriksaan‎ pengajuan syarat calon sudah memenuhi syarat," jelas Elpendri.

Kemudian, tanda terima sudah diprint oleh Tim III Pendaftaran Bacaleg dari KPU Rohul, namun belum diserahkan, karena KPU Rohul masih menunggu syarat calon‎, seperti KTP dan lainnya.

"Usai pengecekan ada tidak adanya saja, belum sampai kepada penelitian pada sahnya‎, baru nanti kita serahkan tanda terimanya secara resmi," sebut Elpendri.

Dari ke-45 nama Bacaleg yang nantinya bertarung di empat daerah pemilihan (Dapil) Rohul, seluruhnya sudah ditetapkan. Dapil I ada 11 Bacaleg yakni Sapran SPd, Syaniah, Dimiyati ST, Rusli SAg, Mufti Ali SE, Nini Sujarni, Romayani Daulay Amd Keb, Sunardi AMd, Dhian Damayani SP Zaial dan Jupriadi ST.

Untuk Dapil II, ada 12 Bacaleg yang didaftarkan terdiri dari Haryono SPd, Syafriadi SPdI,  Novianti SSi, Siti Romlah Ama, Didit Suhandoko, Suhdi SHI, Bahrul Ulum SE, Syahbana Lubis MA, Lia Yuliana, Bulan Purnama Sari Nasution, Jhon Erwin Ritonga dan Catur Walianto.

Di Dapil III, 10 Bacaleg yang didaftarkan terdiri dari Dimiyati SAg, Turto Warsito, H Depredi Kurniawan ST MM, Fitriyani SPd, Darmawanita, Apriana, Setiyono, Daman Huri Amd, Helmi  dan Suradi Aprianto.

Sedangkan di Dapil IV, ada 12 nama Bacaleg yang resmi didaftarkan DPD PKS Rohul yakni H Joni Virgo, Mahmud SE, Darmawati SE MM, Kamil, Encik Destya, Darsyalina, Afhalul Khairi SST, Khoirum, Asmardi SPdI, Rio Andri, Priyanti SE, Ardiyanus SP dan Mila Oktavia. (Mad)

Foto: Ketua DPD PKS Kabupaten Rohul Mahmud di sela-sela pendaftaran, PKS jadi partai pertama yang mendaftarkan 45 Bacalegnya ke KPU Rohul.


×