Senin, 11 Desember 2017 - 19:50:25 WIB

Antisipasi Banjir Dimusim Penghujan, Warga Dua Dusun di Babussalam Gelar Goro

Editor: Administrator | Dibaca: 64
Antisipasi Banjir Dimusim Penghujan, Warga Dua Dusun di Babussalam Gelar Goro

PIRAMIDNEWS.COM - Mengantisipasi banjir dengan tingginya curah hujan yang tejadi bulan Desember 2017 ini, masyarakat di Dusun Nogori dan Muara Katugin Desa Babussalam, menggelar gotong royong (goro) membersihkan lingkungan sekaligus drainase di dua dusun tersebut.

Kades Babussalam, Basron, terlihat bersama warga melakukan goro mengakui, kegiatan Jumat bersih dilaksanakan setiap pekan oleh masyarakat dalam bentuk goro. Kali ini, goro di dua Dusun Desa Babussalam ditergetkan bersihkan drainase dengan melibatkan petugas Pemadam Kebakaran Rohul, sekaligus menyiram drainase yang tersumbat baik dari sampah dan lumpur.

“Karena ini musim curah penghujan yang tinggi setiap akhir tahun, maka kita minta warga lakukan goro bersihkan drainase di dua lingkungan. Dua dusun tersebut merupakan daerah rawan banjir saat musim penghujan karena dekat dengan Sungai Batang Lubuh. Kita harapkan dengan goro tersebut, apabila banjir nanti akan cepat surut,” harap Kades Babussalam, Jumat (8/12/17).

Dijelaskan Kades, dengan adanya kegiatan goro, selain kebersihan lingkungan bisa terjaga dan bebas dari berbagai penyakit, terutama dari nyamuk. Selain itu, jalan air menjadi lancar.

“Target kita, melalui Jumat bersih warga melakukan goro dengan membersihkan sampah-sampah, serta kotoran yang menyumbat di drainase sehingga apabila hujan, nantinya air akan lancar mengalir di drainase karena sudah tidak tersumbat lagi,” tutur Basron.

Basron juga berterima kasih, atas partisipasi dan peran seluruh elemen masyarakat Desa Babussalam, yang sudah ikut mensukseskan program Desa Jumat Bersih, karena dengan Jumat bersih diharapkan bisa meningkatkan kesehatan masyarakat.  (Mad)


Foto: Kades Babussalam, Basron, dan warga di Dusun Nogori dan Muara Katugin melakukan goro Jumat Bersih, Jumat.

×