Jumat, 05 Januari 2018 - 17:14:06 WIB

ADD dan DD 2018 Pasir Utama Rohul Fokus Infrastruktur Jalan dan Drainase

Editor: Administrator | Dibaca: 91
ADD dan DD 2018 Pasir Utama Rohul Fokus Infrastruktur Jalan dan Drainase

PIRAMIDNEWS.COM - Guna meningkatkan pembangunan infrastruktur Desa yang bersumber dari  Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir, Rokan Hulu (Rohul), Riau, fokus dalam pembangunan infrasruktur. Dengan keterbatasan anggaran, hingga tahun 2018 ini pembangunan drainase dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir Sutarji kepada awak media, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2018).

Sutarji menjelaskan, untuk pembangunan tahun anggaran 2017, Pemerintah Desa Pasir Utama telah melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik pembangunan fisik maupun non fisik yang bersumber dari ADD dan DD.

"Seluruhnya digunakan untuk membangun dan meningkatkan jalan desa. Tahun 2017 ini untuk kegiatan fisik telah kami kerjakan untuk membangun Drainase, Lapangan Bola Voli, MCK, Gapura Desa, sedangkan non fisiknya latihan menjahit ibuk-ibuk, sosialisasi bahaya narkoba dan kegiatan PKK Desa," terangnya.

Tambahnya Sutarji, pembangunan drainase telah dilaksanakan di RW 1 dan RW 2 secara bertahap dan berkelanjutan, dengan panjang sekitar 350 Meter. Pemerintah Desa Pasir Utama saat ini fokus untuk pembangunan drainase, karena drainase bermanfaat untuk melancarkan debit air di jalan, sehingga tidak cepat merusak jalan.

"Kami saat ini lebih fokus pembangunan drainase, contohnya sudah banyak terjadi di desa-desa lain, jalannya cepat hancur karena tidak berfungsinya drainase, setelah pembangunan drainase ini selesai, baru kami lanjutkan perbaikan jalan, apakah diseminisasi atau di base tergantung anggarannya," terangnya.

Total anggaran untuk pembangunan di tahun 2017 ini sekitar Rp 900 juta lebih dari Bantuan Dana Desa sumber dana  dari Pemerintah Pusat (APBN) dan ADD sumber dari APBD Rohul yang diterima Pemerintah Desa Pasir Utama fokus digunakan untuk membangun sarana dan prasarana di desa.

Pembangunan dan Peningkatan drainase ini berdasarkan usulan dari masyarakat Desa Pasir Utama, pembangunan drainase dan jalan sesuai dengan kebutuhan yang memang menjadi skala prioritas utama yang dibutuhkan masyarakat, sebagai sarana kelancaran bagi usaha masyarakat dalam bepergian dan masuk ke Desa Pasir Utama terlebih lagi demi memudahkan masyarakat mengangkut dan  membawa hasil pertanian mereka, pada intinya peningkatan perekonomian. ” jelasnya Sutarji. (Mad)

Foto: Kepala Desa Pasir Utama Sutarji




×