Senin, 14 Agustus 2017 - 21:56:34 WIB

2.449 Raider Ikuti RICE One Ujungbatu; Uji Adrenalin di Lintas Wisata Alam Rohul

Editor: Administrator | Dibaca: 364
2.449 Raider Ikuti RICE One Ujungbatu; Uji Adrenalin di Lintas Wisata Alam Rohul

PIRAMIDNEWS.COM - Sekitar 2.400 raider berasal dari sejumlah kota besar se-Nusantara, meriahkan Riau Adventure Challenge Equator (RACE) One tahun 2017 di Stadion Mini M Djamin Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sabtu (12/8/17) hingga Minggu (13/8/17).

Zonidal Ujang selaku ketua panitia kegiatan Minggu (13/8/17) mengatakan, RICE One tahun 2017 merupakan perhelatan akbar yang diikuti 2.449 raider se-Nusantara. Kegiatan itu dilaksanakan RICE One bekerjasama dengan Ujung Batu Adventure Team (UAT) dan Ikatan Trail Adventure (ITA) Riau.

Peserta yang datang didominasi Raider dari Kalimantan seperti Kutai Tenggara Timur, Samarinda dan Banjarmasin. Kemudian Jawa Timur, Jakarta, Lampung, Medan, Padang dan Pekanbaru.

Hari pertama diikuti 949 raider dilepas langsung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman yang juga mewakili Gubri. "Sementara di hari kedua ini diperkirakan peserta meningkat mencapai 1.500 Raider dan sudah dilepas langsung oleh pak Kapolres Rohul," kata Zonidal.

Zonidal menjelaskan, jalur lintasan yang dilalui para Raider di hari pertama start dari Stadion Mini M Djamin ke
Masjid Syuhada lanjut ke Desa Lubuk Bendahara dan Pelalahan dan kembali finish di Stadion Mini M Djamin.

"Untuk hari kedua, trek yang dilalui yakni Lintam memasuki areal perkebunan milik pak Teddy Mirza lanjut ke Kubu Paoh keluar di KM 6 dan kembali lagi ke Stadion," jelasnya.

Mengantisipasi tidak terjadi kecelakaan atau Raider yang tersesat, tambah Zonidal, di setiap jalur lintasan sudah ada panitia, tenaga medis dan pengamanan yang berjaga. Kendati demikian, di hari pertama kemarin sempat terjadi insiden kecelakaan yang melibatkan panitia dan satu orang Raider asal Jakarta bernama Oki Crot.

"Kita sudah kirim korban ke rumahsakit di Pekanbaru. Insyaallah Minggu akan dilakukan operasi, karena keduanya mengalami patah tangan. Panitia menanggung biaya operasi Raider," jelasnya.

Sebut Jonidal, untuk biaya pendaftaran, masing-masing Raider dibebankan biaya Rp350 ribu untuk dua kali permainan.
“Karena ini perhelatan akbar tahunan, kita sudah koordinasikan dengan pihak hotel dan penginapan agar menurunkan tarif menginap para Raider ini. Karena iven ini sangat berpengaruh dengan peningkatan perekonomian baik pedagang atau perhotelan,” katanya lagi.

Pihak sponsor juga sudah menyediakan hadiah besar di antaranya, hadiah utama 1 unit mobil Daihatsu Ayla persembahan dari Gubri Arsyadjuliandi Rachman, kemudian 3 unit sepeda motor Yamaha Matic dari Bupati Rohul Suparman, 2 unit sepeda motor Yamaha matic dari Ketua DPD Golkar Rohul.

“Dimana ada 1 unit Yamaha jenis matic dari pak Kapolres Rohul, 2 unit motor jenis matic dan Vixion dari PTPN V SBU Sei Rokan, 1 unit sepeda motor Yamaha matic dari pengusaha muda pak Ronaldo, 1 unit sepeda motor matic dari PT Alfa Scorfii Ujung Batu dan 50 unit  Blander dari panitia acara,” ungkapnya.

Tujuan utama diselenggarakannya event itu, selain mengenalkan kepada masyarakat olahraga adventure yang menguji adrenalin. Juga bertujuan mengenalkan ke masyarakat luas kekayaan wisata alam yang dimiliki Rohul.

"Selama perhelatan ini, sudah ada dua wisata alam yang baru kita temukan. Gua Busuk dan Air Selancar di Kecamatan Rokan IV Koto. Hal itu sudah kita sampaikan kepada Dinas Pariwisata Riau untuk dikelola," tambahnya.

Kata Zonidal, dirinya juga komit menghijaukan hutan alam di Provinsi Riau yang sudah gundul dengan melaksanakan penanaman 1.000 pohon, itu sudah dilakukan di Minas Kabupaten Bengkalis.                     

“ITA Riau akan ekspansi ke hutan-hutan yang ada di Rohul, dimana perbukitan yang sudah gundul akan kita tanami kembali. Ini bentuk komitmen pak Bupati Suparman selaku Ketua Umum ITA Riau yang ingin Rohul sesuai dengan mottonya Negeri Suluk Berpusaka nan Hijau," ulasnya. (mad)


Foto: Para raider siap beraksi melintas alam usai pembukaan RICE One 2017 yang dilepas Gubri diwakili Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman di Stadion Mini M Djamin, Ujung Batu.



×