Jumat, 05 Januari 2018 - 08:40:27 WIB

11 Ruas Jalan di Rohul Ditetapkan Menjadi Jalan Provinsi

Editor: Administrator | Dibaca: 263
11 Ruas Jalan di Rohul Ditetapkan Menjadi Jalan Provinsi

PIRAMIDNEWS.COM - Terdapat 11 ruas jalan dalam Ibukota Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang ditetapkan sebagai jalan Provinsi. Itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau Nomor Kpts.308/IV/2017 tentang Penetapan Ruas-ruas Jalan Menurut Statusnya sebagai Jalan Provinsi di Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Anton ST MT melalui Kabid Bina Marga Romi Kartika, Kamis (4/1/2018) di Pasir Pangaraian.

Dijelaskan Kabid Romi, ke-11 ruas jalan di Rohul yang dietapkan jadi jalan Provinsi yaitu Ruas Jalan Tandun-Pasir Pengaraian, Ruas Jalan Pasir Pengaraian Batas Sumut, Ruas Jalan Rokan-Pendalian-Dusun Batas.

Kemudian, Ruas Jalan Ujung Batu-Rokan-Batas Sumbar, Ruas Jalan Pasir Pengaraian-Tangun-Batas Sumut, Ruas Jalan Dalu-dalu Mahato. Ruas Jalan  Simpang Suram-Simpang Bagan 7-Sontang (Kampar Rohul). Selanjutnya, Ruas Jalan Simpang Kumu-Kota Tengah. Ruas Jalan Kota Tengah Sontang, Ruas Jalan Sontang-Simpamg Jurong-Duri (Rohul-Bengkalis) dan Ruas Jalan Ujung Batu Kota Lama Simpang Bagan 7.

Tambah Romi, dari 11 Ruas Jalan yang ditetapkan Pemprov Riau Sebagai Jalan Provinsi tersebut, sebanyak 8 Ruas jalan di antaranya adalah ruas jalan dalam ibukota yang dilewati jalan provinsi.K e delapan ruas jalan itu antara lain, ruas Jalan Kabun sepanjang 1 Km,  ruas jalan Tandun sepanjang 2 Km, Ruas Ujung Batu sepanjang 2 Km,  Ruas jalan Pasir Pengaraian sepanjang 7,4 Km. Kemudian Ruas Jalan Muara Rumbai 1 Km,  Ruas jalan Kota Tengah sepanjang 1 Km.  Ruas jalan Dalu-dalu 1 Km  dan ruas Rantau Kasai sepanjang 1 Km.

Awalnya, delapan ruas jalan itu memang statusnya jalan Provinsi, tapi diambil alih oleh Kabupaten. Kemudian atas kebijakan Bupati Rohul Suparman, 8 ruas jalan itu diusulkan untuk dikembalikan lagi menjadi jalan provinsi sehingga seluruh jalan provinsi di Rohul sudah tersambung,” jelas Romi.

Kata Romi, dengan telah diserahkanya 8 ruas jalan dalam ibukota yang dilewati jalan provinsi ke Pemprov Riau, maka Secara otomatis biaya pemeliharaan serta peningkatan jalan tersebut juga diambil alih Pemprov Riau. "Anggaran yang ada itu, bisa kita maksimalkan untuk fokus pada ruas jalan lainya,” kata Romi.

Terkait berapa besaran anggaran perbaikan 8 ruas jalan kabupaten, sebelum ruas jalan itu dikembalikan ke Pemprov Riau, Romi mengaku hal itu tergantung dari tingkat kerusakan jalan.

"Terkait anggaran perawatan itu sifatnya relatif kalau kerusakannya besar maka anggaran pemeliharaannya tentunya juga besar, tapi kalau kecil ya kecil juga biaya pemeliharaannya,” sebutnya. (Mad)


Foto: Kabid Bina Marga Romi Kartika di rungan kerjanya, Kamis (4/1/2018) di Pasir Pengaraian.

×