Kamis, 21 Desember 2017 - 10:25:57 WIB

Perusahaan Besar Ini Teken MoU dengan SMK I Pangkalan Kerinci untuk Bangun Sekolah Sawit

Editor: Administrator | Dibaca: 67
Perusahaan Besar Ini Teken MoU dengan SMK I Pangkalan Kerinci untuk Bangun Sekolah Sawit

PIRAMIDNEWS.COM - PT Asian Agri dengan pihak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Pangkalan Kerinci, Selasa (19/12/17) menandatangani kesepahaman bersama (MoU) dengan bekerjasama atas Sekolah Sawit Lestari (SSL) di Kabupaten Pelalawan, Riau.
Kerjasama perusahaan kelapa sawit dengan dunia pendidikan itu untuk menyiapkan generasi petani sawit  menjadi pengelola kebun secara berkelanjutan.

Head of Sustainability Operation & CSR PT Asian Agri Welly Pardede dalam sambutannya di depan peserta yang hadir di acara MoU tersebut mengatakan bahwa sebenarnya program pendidikan Sekolah Sawit Lestari bagi dunia Pendidikan di Pelalawan  sebagai salah satu program CSR yang ditelurkan PT Asian Agri.

SSL ini nantinya berencana menciptakan ilmu pengetahuan keahlian bagi para siswa di Pelalawan melalui pendidikan  muatan lokal. Program pendidikan Sekolah Sawit Lestari kepada para siswa dan orang tua seputar pengelolaan kebun kelapa sawit, pertama kalinya diterapkan di Indonesia di sekolah SMAN 11 Batanghari Jambi tahun lalu dan tahun ini di sekolah SMK I Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Ditegaskan Welly Pardede,  pihak perusahaan tempatnya bekerja itu juga ingin mewujudkan dan menjadikan lingkungan perkebunan kelapa sawit yang lestari, dimulai dari pengetahuan diajarkan pada para siswa di sekolah  dan di tengah masyarakat di sekitar operasi perusahaan seperti bekerjasama dengan SMK I Pangkalan Kerinci yang tengah dilakukan.

"Tentu program SSL yang akan diterapkan ini, kami sangat berharap bagi para siswa supaya mendukung orangtuanya untuk mengelola perkebunan lewat praktik terbaik, terlebih lagi meneruskan kebun sawit orangtuanya dengan pengetahuan dan kemampuan yang berkualitas berwawasan lingkungan seperti di dalam program SSL yang kami lakukan," terangnya.

Welly Pardede mengaku, dipilihnya SMKN 1 Pangkalan Kerinci sebagai mitra kerjasama penerapan sekolah pendidikan kebun sawit
Lestari karena melihat prestasinya yang mampu memberikan pengaruh positif di lingkungannya di Kabupaten Pelalawan selama ini.

"Kemudian di SMKN 1 Pangkalan Kerinci yang banyak jumlah siswa juga memiliki berbagai program studi kejuruan sehingga kami akan bekerjasama yang fokus dalam bidang perkebunan sawit. Terkait masalah materi dalam penerapan pendidikan SSL memuat ilmu dan pengetahuan dalam bentuk teori dan praktik pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berwawasan lingkungan. Para siswa juga akan diajarkan secara langsung bagaimana teknis cara menanam, merawat hingga memanen buah sawit secara optimal," tutur Welly Pardede.

Sementara Wakil Bupati Pelalawan Drs Zardewan dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung inisiatif program  pendidikan
SSL yang akan dilakukan pihak managemen PT Asian Agri bekerjasama dengan pihak SMK I Pangkalan Kerinci tersebut.

”Gagasan inisiatif program sekolah pendidikan kebun sawit oleh pihak Asian Agri adalah sebagai sebuah contoh positif bagi
perusahaan kelapa sawit lainnya di Pelalawan dalam bentuk pembinaan untuk berbagi pengetahuannya dalam membangun dan
pengelolaan kebun sawit kepada para siswa dan masyarakat," tegas Wabup Pelalawan.

Diterangkan Wabup, program pendidikan Sekolah pengelolaan kebun Sawit  sangat berguna bagi masyarakat Pelalawan yang  
kebanyakan penduduknya adalah petani kelapa sawit. "Untuk itu, kita sangat mengharapkan agar pihak perusahaan Asian Agri  juga bekerjasama dengan SMK-SMK lain di Kabupaten Pelalawan," harap Zardewan.

Dalam  kesempatan itu, Kepala SMKN 1 Pangkalan Kerinci Nurasia MPd sangat menyambut baik bahkan mengaku sekolahnya sangat  
mendukung keinginan kerjasama dengan PT Asian agri untuk menerapkan pendidikan Sekolah Sawit Lestari.

"Kalau selama ini sistem pengajaran perkebunan kelapa sawit pada para siswa di sekolah ini hanya di permukaan saja. Dengan
kehadiran PT Asian Agri yang melakukan kerjasama dengan kami untuk menjadikan secara langsung teknik mengelola perkebunan
kelapa sawit dengan praktik-praktik terbaik pada para siswa nantinya, tentunya akan dapat memberikan ilmu pengetahuan yang
lebih komprehensif dan mendalam yang pada akhirnya para siswa menjadi unggul dan berkualitas," tegasnya. (suhemri hasan)

Foto: Pihak managemen PT Asian Agri berfoto bersama dengan Wabup Pelalawan Zardewan dan para guru SMKN I Pangkalan Kerinci usai penandatanganan Mou, Selasa (19/12).

×