Kamis, 05 Oktober 2017 - 09:25:30 WIB

Kabid Pengawasan DPMP2T Pelalawan Akui Baru 9 Usaha Air Minum yang Miliki Izin

Editor: Administrator | Dibaca: 84
Kabid Pengawasan DPMP2T Pelalawan Akui Baru 9 Usaha Air Minum yang Miliki Izin

PIRAMIDNEWS.COM - Meski usaha bisnis air isi ulang di Kabupaten Pelalawan, Riau, menjamur namun yang memiliki izin hanya 9 unit usaha. Padahal, izin usaha air isi ulang sangat perlu diurus oleh para pemilik usaha melalui Dinas Kesehatan Pelalawan karena air yang dibeli pihak warga sebagai konsumen berkaitan dengan kesehatan warga.

Kabid Pengawasan Dinas  Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMP2T) Pelalawan Suheri kepada media ini saat ditemui di kantornya baru-baru ini di Pangkalan Kerinci mengatakan, dari data jumlah usaha air isi ulang yang berizin yang ada dinas tempatnya bekerja itu, hanya terdapat 9 usaha air isi ulang di Kabupaten Pelalawan.

”Setiap usaha air isi ulang sangat perlu memiliki izin karena sangat berdampak pada kesehatan warga yang membeli dan mengkonsumsi air isi ulang yang dijual para pemilik usaha air isi ulang. Untuk itu, setiap pemilik usaha bisnis ini air isi ulang yang ada yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Pelalawan harus mengurus izin usahanya melalui Dinas Kesehatan Pelalawan. Dinas Kesehatan nanti yang akan melakukan pengujian pada air minum yang dijual pada warga, apakah layak diminum atau tidak,” tegasnya.

Terkait masalah kesehatan, sebut Suheri, tidak bisa dipandang remeh sehingga para pengusaha air isi ulang yang belum memiliki izin usahanya agar mengurus izin usaha air minumnya melalui Dinas Kesehatan Pelalawan.

”Kalau kita lihat di lapangan, bukan hanya sembilan usaha saja jumlah usaha air minum yang ada di kabupaten Pelalawan tapi sangat banyak jumlahnya tapi yang ngurus dan miliki izin usaha air minum hanya 9 usaha air minum saja,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dan pihak yang membidangi pengurusan izin usaha air minum di Diskes Pelalawan ketika hendak dikonfirmasi dua hari kemarin, belum berhasil ditemui  karena sedang tidak berada di tempat. (suhemri hasan)   


Foto: Air galon isi ulang

×