Minggu, 19 November 2017 - 10:00:02 WIB

Disnakertrans Merasa Terbebani dalam Penerapan Pendidikan 4 Tahun di SMKN I Pelalawan

Editor: Administrator | Dibaca: 102
Disnakertrans Merasa Terbebani dalam Penerapan Pendidikan 4 Tahun di SMKN I Pelalawan

PIRAMIDNEWS.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan mulai tahun ini menerapkan pelaksanaan pendidikan 4 tahun khusus bagi siswa Jurusan Kimia. Namun anehnya, pihak Dinas tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Pelalawan sepertinya kurang mendukung program Pendidikan 4 tahun yang dilakukan SMK I Pangkalan Kerinci itu bahkan merasa terbebani.

Hal itu terungkap dari pernyataan keberatan yang disampaikan Sekretaris Disnakertrans Pelalawan Ibrahim di hadapan peserta acara workshop pendidikan 4 tahun yang digelar Ditjend Pendidikan Menengah Kemendikbud bersama pihak SMK I Pangkalan Kerinci di ruang Majelis Guru SMK I Pangkalan Kerinci, Rabu (15/11/17).

Kepala Sekolah SMK I Pangkalan Kerinci Nurasia MPd dalam sambutannya di hadapan peserta acara Workshop menyatakan sangat menyambut baik atas kepercayaan pemerintah pusat terhadap sekolahnya untuk menerapkan pendidikan 4 tahun yang dimulai tahun ini.

”Di sekolah kami ini memang sudah ada 4 jurusan di bidang Kimia yang berorientasi pada pengembangan keahlian dan keterampilan pada jurusan vocasi dunia usaha yang bisa bekerjasama praktek magang selama setahun disebar di sejumlah perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan ke depan ini. Kalau di sekolah kami ini sudah jurusan Agro Industri Pertanian untuk ketahanan pangan, Jurusan Kelautan (Kemaritiman), Juruan Pariwisata dan Jurusan Industri Kreatif,” ujar Nurasia.

Pelaksanaan penerapan Pendidikan 4 tahun di SMKN I Pangkalan Kerinci, kata Nurasia, tentu tidak akan bisa berjalan dengan mulus nantinya dan pihaknya sangat membutuhkan dukungan dan bantuan semua pihak baik dukungan dan bantuan dari pihak kemendikbud, Dinas Pendidikan Riau, Dinas Pendidikan Pelalawan, pihak Dinasnakertrans Pelalawan, pihak Pemkab Pelalawan, Pemrintah Provinsi Riau, seluruh perusahaan beroperasi di Pelalawan dan dukungan dari para majelis guru dan orang tua siswa serta masyarakat.

”Untuk kelancaran penerapan pelaksanaan Pendidikan 4 tahun yaitu pendidikan di sekolah selama 3 tahun dan setahun magang di perusahaan dilakukan di SMKN I Pangkalan Kerinci, tentu kami sangat membutuhkan dukungan dan bantuan semua pihak khususnya dukungan dan bantuan dari Kemendibud pusat, Disdik Riau dan Pemprov Riau, pihak Disdik Pelalawan dan pihak Disnakertrans Riau dan Disnakertrans Pelalawan,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Disnakertrans Pelalawan Ibrahim pada workshop penerapan Pendidikan 4 tahun di SMK I Pangkalan Kerinci yang dihadiri Kepsek Pangkalan Kerinci Nurasia, para pengajar Teknik Mesin Politeknik Jakarta, Kasi SMK Disdik Riau, Kasi SMP Pelalawan Marzuki, Anggoata Komite SMK I Pangkalan Kerinci Parman Harahap, Majelis Guru dan para siswa SMK I Pangkalan  Kerinci malah merasa keberatan dengan program penerapan Pendidikan 4 tahun di SMK I Pangkalan Kerinci tersebut.

”Penerapan Pendidikan 4 tahun di SMKN I Pangkalan Kerinci nantinya bisa akan menjadi beban bagi Disnaker nantinya,” cetus Ibrahim di hadapan peserta Workshop di SMK I Pangkalan Kerinci.

Pernyataan Sekretaris Disnakertran Pelalawan Ibrahim tersebut membuat geram salah seorang anggota Komite SMK I Pangkalan Kerinci Parman Harahap melalui media ini mengatakan bahwa dirinya selaku komite sekolah dan masyarakat merasa kesal dengan pernyataan keberatan dari Sekretaris Disnakertrans Pelalawan itu.

“Seharusnya, pihak Disnakerts Pelalawan mendukung dan mensuport program Pendidikan 4 tahun di SMKN I Pelalawan ini, bukan malah keberatan karena program Pendidikan 4 tahun tersebut akan bisa mencetak para siswa yang terampil dan akan mudah diterima bekerja di berbagai perusahaan di Riau nantinya. Apalagi pada program ini ada program pendidikan magang selama setahun di tempatkan di perusahaan,” ujar Parman Harahap. (suhemri hasan)
    
Foto: Kepsek SMK I Pangkalan Kerinci Nurasiah menerima bantuan peralatan pendidikan dari pimpinan perusahaan di Pelalawan, belum lama ini.

×