Kamis, 24 Mei 2018 - 00:02:41 WIB

Tahanan Kejari Pekanbaru Kabur Usai Jalani Sidang di PN Pekanbaru

Editor: Administrator | Dibaca: 28
Tahanan Kejari Pekanbaru Kabur Usai Jalani Sidang di PN Pekanbaru

PIRAMIDNEWS.COM - Salah seorang terdakwa yang merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Pekanbaru bernama Zulham (35) melarikan diri alias kabur usai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (24/5/2018) sekira pukul 15.15 WIB.

Kaburnya Zulham yang juga terdakwa kasus pencurian itu, tak ayal membuat suasana di Pengadilan Negeri Pekanbaru pada sore itu menjadi heboh.

Kaburnya Zulham, diketahui setelah jaksa penuntut umum (JPU) yang menyidangkan perkara Zulham menanyakan kepada petugas pengawalan, apakah tahanan bernama Zulham sudah dibawa ke sel tahanan titipan.

Petugas pengawal merasa tidak membawa Zulham usai sidang digelar itu. Hal itu kemudian membuat heboh khususnya kalangan petugas jaga sel titipan karena tahanan yang dimaksud memang tidak berada dalam sel.

Mengetahui Zulham tidak berada di dalam sel tahanan, sejumlah petugas baik dari pihak Kejari Pekanbaru maupun petugas pengawalan dari Polresta Pekanbaru, langsung berpencar mencari tahanan yang kabur tersebut.

JPU Oka Regina SH, yang menghadirkan Zulham ke persidangan, mengakui jika tahanannya telah melarikan diri. "Nama terdakwanya Zulham, kasus pencurian sarang burung walet atau disangkakan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan," ucap Oka kepada wartawan yang menghubunginya usai kejadian kaburnya Zulham.

Kasi Pidum Kejari Pekanbaru Bambang AP SH, yang datang ke PN Pekanbaru, begitu dapat kabar tersebut beserta tim Intel Kejari Pekanbaru, berpencar mencari keberadaan Zulham.

Dari informasi yang dihimpun, terdakwa Zulham kabur bersama seorang perempuan yang diduga adalah istrinya. Begitu selesai sidang, Zulham sempat melepas kaos tahanan yang dikenakannya saat sidang. Ia melepas kaos tahanannya  di toilet tidak jauh dari ruang sidang.

Begitu melepas kaos tahanan, Zulham dengan jalan tidak mencurigakan turun ke lantai dasar PN Pekanbaru bersama seorang perempuan langsung menuju gerbang pintu keluar PN Pekanbaru dan selanjutnya menuju Jalan Teratai. Sampai di jalan raya ini, diperkirakan keduanya menaiki angkot.

Humas PN Pekanbaru, Martin Ginting ketika dikonfirmasi para awak media terkait kaburnya tahanan di PN Pekanbaru itu mengatakan, pihak petugas pengawalan perlu terus meningkatkan pengawasan saat mengawal para tahanan. "Hal ini supaya kejadian kaburnya tahanan usai sidang tidak terjadi lagi di masa yang akan datang," sebut Martin Ginting. (ap)

Foto: Suasana sel tahanan PN Pekanbaru usai Zulham kabur.

×