Rabu, 17 Januari 2018 - 20:08:06 WIB

RS Awal Bros Kini Layani Tumbuh Kembang Anak

Editor: Administrator | Dibaca: 42
RS Awal Bros Kini Layani Tumbuh Kembang Anak

PIRAMIDNEWS-Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru kini memberikan layanan atas permasalahan-permasalahan tumbuh kembang anak. Layanan ini dapat diakses pada waktu-waktu buka layanan klinik di beberapa RS Awal Bros di Pekanbaru, melalui Klinik Tumbuh Kembang Anak (Child Development Center/CDC).

Direktur RS Awal Bros Sudirman dr Nur Endah Puspitasari, MARS dalam perkenalanan layanan ini di RS Awal Bros Sudirman, Rabu (17/01/2018), mengungkapkan, diluncurkannya layanan ini tak lepas dari kebutuhan masyarakat atas terapi bagi beragam permasalahan tumbuh kembang anak yang semakin meningkat.

Lebih lanjut, Miftahul Hayati, MPsi, Kepala Klinik Tumbuh Kembang Anak, menerangkan, klinik ini akan membantu orangtua dalam persoalan-persoalan tumbuh kembang anak. "Sehingga, dapat terwujud potensi-potensi anak secara maksimal. Klinik ini juga disediakan karena tak lepas dari concern (perhatian, red) para orangtua di Pekanbaru selama ini."

Beberapa bentuk terapi yang tersedia di Klinik ini yaitu terapi wicara, fisioterapi, terapi okupasi dan terapi prilaku. Terapi wicara terkait dengan kemampuan bicara dan bahasa anak. Yakni, bahasa lisan dan penerimaan anak atas bahasa lisan tersebut. Fisioterapi terkait dengan permasalahan fisik yang terjadi pada anak.

Terapi okupasi bersangkutan dengan perbaikan kondisi anak pada proses stimulasi dari luar dan bagaimana penerimaan sang anak atas stimulasi itu sepenuhnya. Terkait juga dengan segala hal menyangkut motorik kasar dan halus pada anak.

Lalu, terapi perilaku berkenaan dengan permasalahan pada kesiapan anak untuk belajar, meniru dan memahami bahasa instruksi dari orang lain kepada anak. Khususnya yang terjadi pada anak sebelum ia memasuki masa usia sekolah.

Layanan CDC ini, ungkap Miftahul, terutama diberikan bagi anak dalam usia tumbuh kembang terpenting dalam kehidupannya yakni dari bayi hingga lima tahun. Dengan layanan ini, katanya, diharapkan anak-anak yang sebelumnya memiliki masalah dalam tumbuh kembangnya baik secara kemampuan fisik, sosial, emosi dan spiritual dan lainnya dapat kembali bertumbuh kembang sebagaimana mestinya. (din)

Foto: Kepala Klinik Tumbuh Kembang Anak Miftahul Hayati, MPsi memaparkan materi tentang proses dan permasalahan dalam tumbuh kembang anak ketika perkenalan layanan Klinik dimaksud di RS Awal Bros Sudirman, Rabu (17/01/2018). (dina)

×