Kamis, 14 Desember 2017 - 17:14:40 WIB

Resmikan PTSP PN Pekanbaru, Dirjen Herry Swantoro Sempatkan Tinjau Toilet dan Sel Tahanan

Editor: Administrator | Dibaca: 162
Resmikan PTSP PN Pekanbaru, Dirjen Herry Swantoro  Sempatkan Tinjau Toilet dan Sel Tahanan

PIRAMIDNEWS.COM - Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Pekanbaru kembali menjadi perhatian pihak Mahkamah Agung (MA) RI. Setelah inovasi Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) yang diterapkan PN Pekanbaru dan menjadi inovasi terbaik se-Indonasia, kali ini PN Pekanbaru kembali meluncurkan inovasi terbaru yakni, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang diresmikan operasionalnya oleh Direktur Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA) RI, Dr H Herri Swantoro, Rabu (13/12).

Peresmian PTSP ini merupakan pelayanan hukum satu pintu, dimana urusan dan keperluan hukum seperti pendaftaran perkara dan urusan hukum lainnya dapat diselesaikan sehingga pelayanan peradilan yang cepat, sederhana, transparan dan berbiaya ringan dapat diwujudkan. Hal ini juga untuk menghindari dugaan praktek  korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di badan peradilan.

Dalam kata sambutannya Dirjen Herri Swantoro menyampaikan, atas penerapan inovasi ini, MA RI juga mengharapkan pengadilan negeri lainnya di Riau khususnya agar dapat menerapkan inovasi seperti PTSP. "Inovasi ini mengutamakan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang bertujuan mencapai peradilan yang agung," kata Herri.

Selain itu, Herri Swantoro juga menyampaikan kekagumannya atas moto PRIMA (Profesional, Ramah, Informatif, Melayani dan Akuntabel) yang juga diterapkan PN Pekanbaru. "Untuk di Riau, baru PN Pekanbaru yang menerapkan PTSP kali pertama. Saya harapkan pengadilan negeri lainnya yang ada di Riau maupun Sumatera juga menerapkan PTSP," harap Dirjen.   

Dirjen Herri juga menilai bahwa PN Pekanbaru mengalami kemajuan pesat selama tiga bulan terakhir terutama dalam pelayanan maupun performance kantor yang di sana-sini melakukan perubahan sehingga benar-benar tampak bersih, indah dan rapi.
"Kiranya perubahan ini juga terjadi pada personal pengadilan baik para hakim, panitera, dan karyawan dalam pelayanan urusan hukum yang semakin baik dan berkualitas ke depan," ujarnya.
 
Sementara itu, Humas PN Pekanbaru Martin Ginting SH mengatakan, pada dasarnya penerapan PTSP adalah untuk memudahkan pelayanan urusan hukum terhadap masyarakat. Pelayanan di PTSP PN Pekanbaru seluruhnya sudah berbasis pada penggunaan informatika hyunaamenggunakan "Mahkamah Agung sangat merespon inovasi-inovasi baru, apalagi inovasi yang sifatnya sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam urusan hukum maupun pencari keadilan," tambahnya.

Sebelum melakukan pengguntingan pita, Dirjen Erri Swantoro didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru Adam Hidayat, Ketua PN Pekanbaru Arifin Doloksaribu, Walikota Pekanbaru H Firdaus MT terlebih dahulu melakukan pemukulan gong pertanda dimulainya PTSP beroperasi di PN Pekanbaru.

Dirjen juga menyempatkan meninjau hampir seluruh ruangan yang ada di PN Pekanbaru, mulai ruangan pelayanan di bagian depan, ruangan sidang hingga toilet dan ruang sel tahanan tidak luput dari perhatiannya. (ap)  

Foto: Dirjen Badan Peradilan Umum MA RI Dr Erri Swantoro dikalungi bunga usai meresmikan PTSP Pengadilan Negeri Pekanbaru, Rabu (13/12/17).   

×