Jumat, 01 Maret 2019 - 22:44:48 WIB

Mahasiswa Unhan Laksanakan KKDN di Lanud RSN

Editor: Administrator | Dibaca: 88
Mahasiswa Unhan Laksanakan KKDN di Lanud RSN

PIRAMIDNEWS.COM-Komandan Lapangan Udara Roesmin Nurjadin (Danlanud RSN) Marsma Ronny Irianto Moningka menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan (Unhan), Jumat, 1 Maret 2019. Kedatangan mereka dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

Sebanyak 78 orang hadir di Lanud. Terdiri dari 63 mahasiswa dan 15 orang pendamping. Bertindak sebagai pimpinan rombongan adalah Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Laksamana Muda Sulistiyanto.

Danlanud menerima rombongan di Ruang Rapat Arjuna Lanud RSN. Pada sambutannya, Ronny menyampaikan, keberadaan Lanud Roesmin Nurjadin sebagai pangkalan induk. Ini sangat bernilai strategis, mengingat letak geografis Provinsi Riau berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga.

"Kondisi tersebut tentunya sangat rawan terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran terhadap kedaulatan negara, khususnya wilayah udara Indonesia. Hal inilah salah satu yang melatarbelakangi dijadikannya Lanud Roesmin Nurjadin sebagai pangkalan induk di wilayah barat Indonesia, dengan menempatkan skadron udara tempur yang mengawaki pesawat tempur sergap," kata Danlanud.

“Melalui kegiatan KKDN ini, dapat secara langsung mengamati dan mencari data sebagai aplikasi pendalaman yang telah diterima yang nantinya akan dijadikan bahan kajian dalam merumuskan suatu alternatif konsep pengembangan sumber daya nasional yang berada di Provinsi Riau,” ungkap Sulistiyanto.

Pembekalan

Ditambahkannya, pihaknya bersyukur bisa berkunjung ke Lanud andalan yang ada satu-satunya di Pulau Sumatera.

“Tujuan dari kunjungan ke Lanud RSN adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa khususnya dalam rangka penyelesaian studi karena di akhir proses pembelajaran nanti mereka akan membuat tesis, tentunya harus mendapatkan informasi yang aktual di lapangan. Serta, dapat menyerap lebih banyak soal implementasi alutsista pertahanan di wilayah Indonesia, khususnya di Lanud Roesmin Nurjadin ini."

Pada kunjungan tersebut, rombongan mahasiswa juga menerima paparan dari Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud RSN Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan.

Selain itu, agenda lainnya adalah foto bersama di Apron Baseops Lanud RSN. Kemudian, rombongan berkeliling Kesatrian Lanud Roesmin Nurjadin, guna melihat kesiapan dan perlengkapan alusista (alat utama sistem pertahanan) yang dimiliki. Di antaranya Skadron Udara 12, Wing 6 (Simulator Hawk 209 dan ACMI) serta Skadron Udara 16.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut Marsma Siswo Pudjiatmoko sebagai Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan, komandan satuan dan para kepala seksi di lingkungan Lanud RSN. (rls)

Foto: Para peserta KKNDN foto bersama di depan pesawat tempur yang ada di Lanud RSN.

×