Selasa, 12 Desember 2017 - 21:27:52 WIB

Lima Terdakwa Korupsi Lampu Jalan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pekanbaru Diadili

Editor: Administrator | Dibaca: 178
Lima Terdakwa Korupsi Lampu Jalan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pekanbaru Diadili

PIRAMIDNEWS.COM - Lima orang terdakwa tindak pidana korupsi proyek Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Pekanbaru, diajukan ke persidangan Pengadilan Tipikor Pekanbaru, Senin (11/12/17.

Kelima terdakwa yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru tersebut adalah, Masdahuri selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) dan juga Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada kegiatan pengadaan lampu PJU. Kemudian Abdul Rahman, Afrizal, pihak swasta selaku broker proyek. Terdakwa Munahar dan Hendy Wijaya, selaku penyedia barang.

Berdasarkan dakwaan JPU yang dibacakan Amin SH didampingi Oka Regina SH, Puji Dwi Jona SH dan Nuraini Lubis SH tersebut dipaparkan, perbuatan kelima terdakwa yang telah menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 2,6 miliar tersebut terjadi tahun 2016 lalu. Saat Pemerintah Provinsi Riau menyalurkan Bantuan Keuangan (Bankeu) sebesar Rp 6 miliar lebih untuk penerangan lampu jalan.

Kegiatan tersebut masuk dalam Peningkatan Operasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Penerangan Jalan Swasta dan Lingkungan Kota Pekanbaru 2016 di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru. Pagu anggaran kegiatan tersebut Rp 6,7 miliar, sedang untuk kontraknya sekitar Rp 6,3 miliar

Namun dalam pelaksanaannya, kelima terdakwa telah melakukan praktik mark up dalam pengadaan barang. Akibatnya, perbuatan terdakwa menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 2,696.000.000," jelas JPU M Amin.

Atas perbuatannya, para terdakwa dijerat Pasal 2 Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP," sambung JPU lagi.

Usai pembacaan berkas dakwaan, sidang yang dipimpin majelis hakim Khamozaro Waruwu SH didampingi hakim anggota Sulhanuddin SH dan Hendri SH itu menunda sidang selama sepekan dengan agenda eksepsi. (ap/pnc)

Foto: Sidang perdana kasus pengadaan lampu penerangan jalan umum di PN Tipikor Pekanbaru, Senin kemarin.


×