Sabtu, 02 Desember 2017 - 13:33:45 WIB

Empat Hasil Penelitian Dosen Ini Diseminarkan di PPS UIN Suska Riau

Editor: Administrator | Dibaca: 555
Empat Hasil Penelitian Dosen Ini Diseminarkan di PPS UIN Suska Riau

PIRAMIDNEWS.COM - Program Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau  menggelar seminar hasil penelitian dosen  yang telah melakukan penelitian  di dalam negeri maupun mancanegara. Upaya ini, sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Penelitian guna mendukung terhadap Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran dan Pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Sekretaris Program  PPS UIN Suska Dr Husni Thamrin Msi, saat ditemui, Jumat ( 1/12/17), terdapat empat orang dosen yang melakukan penelitian  di Tunisia, yakni  model  pembelajaran Tahfiz Alquran yang dilakukan dosen  PPS UIN.

Dari penelitian tersebut ada temuan untuk membangun karakter bangsa dengan memasukan nilai-nilai keagamaan sesuai Visi UIN  yakni Integrasi Keilmuan yang juga sudah dilakukan oleh perguruan tinggi  di Timur Tengah  agar  tidak sekuler tapi memiliki keagamaan yang kuat.

“Selain itu, juga ada riset  yang dilakukan yakni kerusakan dan degrasi lingkungan di Riau. Dimana, Provinsi Riau terdapat kebakaran hutan mengakibatkan kabut asap dan perubahan iklim sehingga banyak hilangan  flora dan fauna akibat pengrusakan sumberdaya alam yang disebut dengan Antropo centric kapalistic.

“Banyak pembangunan untuk kejar pembangunan ekonomi  yang tanpa batas, sehingga hancur lingkungan di Provinsi Riau. Oleh sebab itu, kita perlu merubah cara pandang dari capalistic ke eco cultrural  religion yakni memperhatikan nilai agama dan budaya di dalam pembangunan lingkungan  yang berkelanjutan dan perlu dibuat peraturan daerah guna menanamkan nilai  eco  cultural kepada anak usia dini dan juga diberi dakwah lingkungan ke masjid dan sekolah termasuk juga melalui jalur seni.

Penelitian lainnya, ungkap Husni, berjudul digugat cerai di Kota Pekanbaru. Dimana, istri melakukan gugat cerai terhadap suami. “Penomena ini terjadi dimana nilai agama  mengalami penurunan dan bergeser kepada prilaku hawa,” ungkapnya.

Selain itu,  penelitian keempat yakni bisnis halal, di mana, kehalalan tak jaminan terhadap makanan, konsumen dan produk. Jadi,  pemerintah harus membuat jaminan tentang kehalalan bagi umat supaya umat tidak tersesat dalam mengkomsumsi makanan baik roti maupun jenis makanan yang lainnya.

“Tidak ada jaminan makanan produk halal sesuai dengan kehalalannya. Untuk itu, pemerintah harus ada kontrol," tandas mantan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengkajian Kepada Masyarakat dua periode itu. (nal)      

Foto: UIN Suska, Pekanbaru, Riau




×