Senin, 25 Maret 2019 - 22:30:16 WIB

Anggota DPD RI Instiawati Ayus Menjemput Aspirasi Warga di PGM Pekanbaru

Editor: Administrator | Dibaca: 123
Anggota DPD RI Instiawati Ayus Menjemput Aspirasi Warga di PGM Pekanbaru

PIRAMIDNEWS.COM - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau Instiawati Ayus SH MH melakukan kunjungan daerah ke
Provinsi Riau yang salah satunya digelar di Aula RT 01 RW 15 Jalan Poros Perumahan Purna Griya Mas (PGM), Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, Riau, Ahad (24/3/2019).

Saat sesi dialog, Instiawati Ayus yang hadir bersama staf ahlinya Renggo SH, dijejali sejumlah pertanyaan dan keluhan oleh warga, di antaranya persoalan gas yang masih susah diperoleh dan persoalan jalan poros perumahan yang hingga saat ini mengalami rusak berlubang dan menganga. Persoalan jalan rusak ini sudah terbilang lama dirasakan warga PGM.

"Padahal yang saya dengar, jalan ini setiap tahun diusulkan perbaikannya, namun tidak kunjungan diperbaiki," ujar Ibu Oji yang mengaku jengkel dengan keadaan jalan poros di PGM tersebut.

Sebelumnya, sebut Oji, pernah dilakukan perbaikan dengan menempel jalan rusak dengan aspal oleh pihak Pemko Pekanbaru, namun beberapa bulan saja jalan tersebut kemudian rusak dan berlubang lagi.

Tidak hanya persoalan jalan rusak, Oji juga mengharapkan agar persoalan banjir akibat hujan deras di kawasan PGM juga agar dicarikan solusi oleh instansi terkait di Pemko Pekanbaru. Banjir karena hujan dengan intensitas tinggi ini tidak jarang membuat rumah waga kebanjiran.

Persoalan lain dimana PGM yang sudah dua puluh tahun lebih dihuni warga ini tidak kunjung memiliki sekolah baik SD, SMP apatah lagi SMA. Padahal warga PGM saat ini memiliki anak usia sekolah yang banyak. Jumlah warga PGM saat ini mencapai lebih kurang 600 Kepala Keluarga.

"Memang sudah selayaknya di perumahan kami ini dibangun sekolah SD atau SMP. Karena kalau menyekolahkan anak, warga harus
keluar perumahan yang jaraknya jauh. Kalau ada SD yang dekat, itu cepat penuh. Intinya SD yang di luar PGM ada satu, tetapi mana mungkin bisa menampung calon siswa dari warga Kami. Di RW lain sekitar sini juga mengeluhkan sarana pendidikan yang belum ada," ujar RT 01, Bustami Chaniago.

Sarana kesehatan seperti Puskesmas yang belum ada di PGM, juga dikeluhkan Adi, yang juga Ketua RT 04 RW 15. "Kami harap
pemerintah mau membangunkan Puskesmas di dalam perumahan PGM ini atau di luar PGM yang dekat. Warga kami sangat
membutuhkan Puskesmas agar tidak jauh-jauh berobat," harap Adi.

Mendapat pertanyaan spontan warga itu, Instiawati Ayus mengatakan, persoalan jalan yang rusak dalam wilayah Kota dan kewenangan Pekanbaru merupakan ranahnya Walikota Pekanbaru yang harus diperhatikan mengingat jalan poros merupakan sarana vital yang dilewati warga setiap hari.

"Namun yang saya amati selama ini, persoalan jalan rusak bahkan banjir di Pekanbaru ini akibat pembangunan drainase yang asal-asalan dan kurang memperhatikan kelayakan. Solusi salah satu adalah pembangunan embung. Saya sudah lobby ke pusat dan pusat membutuhkan lahan seluas 55 hektare untuk pembangunan embung mengatasi banjir di Koya Pekanbaru. Membicarakan ini ke pusat, Walikota sendiri perlu hadir, orang pusat tidak mau kalau itu diwakilkan, itu juga persoalan selama ini," kata Instiawati Ayus yang cukup mendapat apresiasi dari warga PGM.

Instiawati Ayus yang cukup rajin berkunjung mendatangi warga masyarakat bahkan hingga pelosok-pelosok wilayah Riau ini menyarankan kepada perangkat RT dan tokoh masyarakat yang hadir agar juga mencatat keluhan warganya.

"Catat Pak RT, nanti bersama tokoh masyarakat di sini agar membuatkan surat kepada saya tentang persoalan dan kebutuhan warga. Tujukan kepada saya, nanti insya Allah akan saya perjuangkan dan minta pihak terkait agar memperhatikan dan mewujudkan keinginan warga di sini seperti SD tadi, apalagi lahan milik Pemko sudah ada di wilayah sini," ujar Instiawati Ayus mantan pengacara ini.

Di setiap kali mendapat pertanyaan warga, Instiawati Ayus yang sudah tiga periode duduk di DPD RI ini langsung memberikan jawaban dengan bahasa yang gamblang dan mudah dimengerti warga. Tidak jarang saat  menjawab pertanyaan diselingi dengan seloroh yang kocak, namun tetap fokus memberikan solusi.

Selain dihadiri Ketua RT 01 Bustami, Ketua RW 04 Adi dan Ketua RT 05 Rizal Harianto, kunjungan daerah Instiawati Ayus ini juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat setempat seperti Ketua IKBM PGM Sekitarnya Drs Saro Yunus Harahap, Dhani Dhayawarman, Asbinsyah Pasaribu, Saipul Nasution, Irwanto, Januari Martini, Roni Martius, dan lainnya. (ap)

Foto: Anggota DPD RI Instiawati Ayus saat memberikan arahan di hadapan warga RW 15 Perumahan Purna Griya Mas di Aula RT 01, Ahad (24/3/19).
 


×