Senin, 04 Desember 2017 - 05:20:16 WIB

Aksi Pesawat Tempur dan Jupiter Meriahkan Indonesia Jaya Expo

Editor: Administrator | Dibaca: 259
Aksi Pesawat Tempur dan Jupiter Meriahkan Indonesia Jaya Expo

PIRAMIDNEWS.COM-Beragam atraksi memeriahkan ajang Indonesia Jaya Expo 2017 Lanud Roesmin Nurjadin (RSN), Minggu, 3 Desember 2017. Atraksi yang paling membetot perhatian pengunjung tampaknya adalah flypass (melintas di udara, red) beberapa pesawat tempur yakni dari Skadron F16 dan Hawk. Kemudian, aksi aerobatik dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang dimiliki TNI
Angkatan Udara.

Atraksi-atraksi itu melibatkan ragam alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan personel TNI AU. Tidak hanya dari Lapangan Udara (Lanud) RSN, namun juga dari daerah lain, terutama Yogyakarta melalui Lanud Adi Sucipto yang menjadi markas JAT.

"Sekitar seribu lima ratus personel terlibat dalam event ini. Jenis alutsista yang disiapkan Lanud di sini ada F16, Hawk, helikopter dan Jupiter Aerobatic Team," kata Komandan Lanud RSN Marsma Age Wiraksono.

Selain atraksi-atraksi seperti tersebut di atas, beberapa aktivitas khas TNI AU lainnya juga dipertunjukkan kepada masyarakat yang memenuhi arena Indonesia Jaya Expo kali ini. Yakni, terjun payung, rappeling dan demo pembebasan sandera oleh Pasukan Khas TNI AU, aksi paramotor oleh Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Riau dan pertunjukan statis (static show) pesawat-pesawat TNI AU yaitu F16 dan Hawk.

Alutsista

Danlanud RSN menyampaikan, Indonesia Jaya Expo digelar secara nasional sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Istri Prajurit TNI AU (PIA Ardhya Garini). Namun di samping itu, juga memiliki maksud untuk memperlihatkan kepada publik aset-aset alutsista yang dikelola atas biaya publik yakni melalui bermacam pajak yang dibayarkan rakyat.

"Satu hal lain, kita mencoba menarik minat putra daerah untuk bergabung dalam kesatuan-kesatuan di TNI AU," kata Age lebih lanjut.

Seorang anak, Reva, siswa salah satu sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai yang menyaksikan atraksi-atraksi di atas menyatakan rasa senangnya atas sajian Lanud RSN kali ini. "Ya, senang. Jadi tahu tentang kegiatan-kegiatan anggota TNI Angkatan Udara," ujarnya.

Khusus tentang aksi Jupiter, tim kini tengah dalam perjalanan pulang dari kegiatan Sail Sabang di Nanggroe Aceh Darussalam. Di tengah perjalanan itu, JAT yang membawa tujuh pesawat dengan tujuh pilot pula memilih menunjukkan kemahirannya ke hadapan masyarakat Riau.

"Kami sebenarnya bisa saja menginap di Medan atau Palembang. Tapi, sengaja dalam kepulangan ini kami menginap di Pekanbaru, karena sambutan masyarakat Pekanbaru, Provinsi Riau yang luar biasa," ujar Danlanud Adi Sucipto Marsma Novyan Samyoga yang langsung memimpin perjalanan JAT tersebut.

Turut hadir dalam gelaran Indonesia Jaya Expo 2017 ini Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Edwar Sanger, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan beberapa pejabat di Riau lainnya. (din)

Foto: Danlanud Adi Sucipto Marsma Novyan Samyoga (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di sela-sela helat Indonesia Jaya Expo 2017 di Lanud Roesmin Nurjadin, Minggu, 3 Desember 2017. (dina)

×