Kamis, 23 Mei 2019 - 11:34:31 WIB

Ustadz Arifin Ilham Wafat, Ini Ucapan Belasungkawa dari Jokowi dan Anies Baswedan

Editor: Administrator | Dibaca: 33
Ustadz Arifin Ilham Wafat, Ini Ucapan Belasungkawa  dari Jokowi dan Anies Baswedan

PIRAMIDNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Ustaz Muhammad Arifin Ilham di Malaysia. "Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas berpulang ke Rahmatullah, Ustaz Muhammad Arifin Ilham di Malaysia, kemarin," kata Jokowi melalui akun resmi Twitter, Kamis (23/5).

Jokowi mendoakan agar amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan. "Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan seluruh keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," ucapnya.

Ustaz Arifin berpulang pada Rabu (22/5) malam setelah menjalani perawatan di Penang akibat penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A. Kanker nasofaring menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Jenazah pendakwah dan pimpinan Majelis Az-Zikra ustaz Muhammad Arifin Ilham dishalatkan di Masjid Al-Munawar, Pulau Penang, Malaysia. Informasi dari Bagian Protokol KJRI Pulau Penang, Kamis, jenazah dishalatkan usai shalat subuh.

Jenazah ustaz Arifin kemudian akan diterbangkan dengan pesawat sewa. Diperkirakan, jenazah tiba di Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta pukul 11.00 WIB. "Rencana almarhum dipulangkan dengan pesawat carter," ujar Bagian Protokol KJRI Pulau Penang, Indra Prima Setya.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Ustaz Arifin Ilham. Hal itu ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya disertai unggahan foto bersama Ustaz Arifin beberapa waktu lalu.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita atas berpulangnya Ustaz Arifin Ilham," tulis Anies melalui @aniesbaswedan, Rabu (22/5) malam.

Anies mengunggah foto dengan Ustaz Arifin ketika menjenguk di rumah sakit beberapa waktu lalu. Dalam foto yang diunggahnya, Anies mengenakan kemeja batik duduk bersama Ustaz Arifin di atas tempat tidur rumah sakit. Tangan kiri Anies terlihat berada di atas pundak Ustaz setengah merangkul.

"Insya Allah Husnul Khatimah. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT," lanjut Anies.

Rabu (22/5) malam, kabar duka tersiar dari unggahan Instagram putra Ustaz Arifin, @alvin_411. Ia mengabarkan, Ustaz Arifin meninggal di Malaysia. Almarhum akan dimakamkan di Pesantren Azzikra Gunung Sindur Bogor.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah SWT, aamiin. Insya Allah secepatnya Abi dipulangkan dari Malaysia dan dimakamkan di pesantren Azzikra Gunung Sindur Bogor. Sekiranya jika ada salah kata atau perbuatan dari Abi, mohon dibuka permintaan maaf sebesar besarnya. Ya Allah, jika ini yang terbaik, kami ikhlas ya Allah, kami ridho ya Allah," katanya.

Ustaz Arifin berpulang pada Rabu (22/5) malam, setelah menjalani perawatan di Penang, Malaysia, akibat penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A. Kanker nasofaring menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Jenazah pendakwah dan Pimpinan Majelis Az-Zikra ustaz Muhammad Arifin Ilham dishalatkan di Masjid Al-Munawar, Pulau Penang, Malaysia. Informasi dari Bagian Protokol KJRI Pulau Penang, Kamis, jenazah dishalatkan usai shalat subuh.

Jenazah ustaz Arifin kemudian akan diterbangkan dengan pesawat sewa. Diperkirakan, jenazah tiba di Bandara Halim Perdana
Kusumah Jakarta pukul 11.00 WIB.

"Rencana almarhum dipulangkan dengan pesawat carter," ujar Bagian Protokol KJRI Pulau Penang, Indra Prima Setya. Masjid Al-Munawar berjarak sekitar 200 meter dari Rumah Sakit Gleneagles, tempat ustadz Arifin dirawat. Lokasinya juga tidak jauh dari Apartemen Mansion One, tempat ibu dan istrinya, tinggal selama di Penang.

Pada 30 April 2019, ustaz Arifin bersama pendamping dan putra-putranya sempat berjalan kaki dari Apartemen Mansion One ke
Masjid Al-Munawar dengan menyusuri trotoar. Di masjid tersebut, dia sempat mengaji, shalat berjamaah, dan memberi tausiyah. (rol/ant/pnc)

Foto: Ustadz Arifin Ilham


×