Rabu, 03 Januari 2018 - 07:19:50 WIB

Ini 6 Ritual Pagi Hari yang Dapat Tingkatkan Kualitas Hidup

Editor: Administrator | Dibaca: 43
Ini 6 Ritual Pagi Hari yang Dapat Tingkatkan Kualitas Hidup

PIRAMIDNEWS.COM - Pebisnis sekaligus penulis buku "The Miracle Morning", Hal Elrod, mengakui, bangun pada pagi hari merupakan salah satu kunci meningkatkan kualitas hidupnya.  

Tak semata bangun pagi, ia pun melakukan enam hal pada pagi hari secara rutin. Enam hal ini adalah bagian dari kunci sukses Elrod, seperti dilansir laman Telegraph.

Diam
Diam misalnya sembari memanjatkan doa, melakukan meditasi atau bernapas dalam-dalam, secara perlahan akan mengurangi stres. Di samping itu, hal ini juga bisa meningkatkan kepekaan diri dan membantu Anda fokus pada tujuan serta hal-hal yang menjadi prioritas.

Penting bagi Anda untuk tidak melakukannya di atas ranjang. Sebaiknya bangunlah dari ranjang, pindah ke ruang lain dan duduk nyaman.

Pikirkan apa yang diinginkan dan menguatkan tekad
Pikirkan dan tegaskan dalam diri soal hal-hal yang ingin Anda capai misalnya tentang:
- Apa yang paling Anda inginkan dan capai dalam hidup.
- Tuliskan alasan mengapa Anda begitu menginginkannya.
- Bila perlu sebutkan orang-orang yang Anda rasa bisa membantu mewujudkan keinginan.
- Tegaskan dalam diri untuk mencapai keinginan itu perlahan-lahan dan bangunlah komitmen kuat.

Visualisasikan keinginan
Setelah menguatkan tekad, duduklah dengan posisi tegak, tutup kedua mata Anda, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan, lalu bayangkan impian.

Setelah itu, pikirkan hal yang perlu dilakukan untuk mencapai impian itu misalnya berolahraga, belajar, menulis, bekerja dan sebagainya. Lakukanlah hal-hal yang Anda perlu lakukan dengan percaya diri dan nikmatilah prosesnya.

Aktivitas fisik
Lakukanlah aktivitas fisik selama beberapa menit (para ahli kesehatan menyarankan minimal 30 menit per hari), setiap pagi, untuk meningkatkan energi, kesehatan, kepercayaan diri dan kesejahteraan emosi. Bahkan, 10 menit melakukan aerobik atau  yoga saja bisa membuat perubahan besar pada diri.

Perbanyak membaca
Membaca adalah cara paling cepat memperoleh pengetahuan, ide dan strategi yang anda perlukan untuk memanfaatkan potensi Anda. Kuncinya adalah belajar dari orang-orang yang telah berhasil mencapai impiannya (terutama bila impian itu sama dengan Anda).

Apa pun impian Anda, bacalah buku untuk tahu bagaimana mencapainya. Buatlah tekad dalam diri untuk membaca minimal 10 halaman per hari.

Tulis impian
Menuliskan keinginan bisa mendapatkan pencerahan dan mengetahui kemajuan apa yang telah dicapai.  Mulailah menulis capaian-capaian, impian, hal-hal yang Anda jadikan pelajaran atau apa pun. (pnc)

Foto   : Ilustrasi/net
Sumber : Republika, Antara


×