Rabu, 10 Oktober 2018 - 10:08:48 WIB

Besok Mendikbud Serahkan Piagam Sertifikat WBTB untuk Riau

Editor: Administrator | Dibaca: 52
Besok Mendikbud Serahkan Piagam Sertifikat WBTB untuk Riau

Piramidnews.com - Besok, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan menyerahkan piagam sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) kepada sejumlah pemerintah daerah di Gedung Kesenian, Jakarta. 

 

Riau sendiri akan mendapatkan 14 karya budaya yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia tahun ini. Dijadwalkan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim akan langsung menerima penghargaan tersebut.

 

"Besok insya Allah pak Plt Gubri akan hadir langsung menerima penghargaan. Yang menyerahkannya biasanya pak Menteri langsung," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zein, Selasa (9/10/18).

 

Ada pun ke-14 karya budaya WBTB 2018 yang diterima Riau tersebut. Yakni Silek Tigo Bulan (Rokan Hulu), Ratik Bosa / Ratik Togak (Rokan Hulu), Lukah Gilo Riau (Rokan Hulu), Ghatib Beghanyut (Siak), Syair Siak Sri Indrapura (Siak). 

 

Kemudian Tari Gendong (Siak, Meranti, Bengkalis), Kayat Kuansing / Kayat Rantau Kuantan (Kuantan Singingi), Nandung Indragiri Hulu (Indragiri Hulu), Silat Pangean (Kuantan Singingi), Belian (Pelalawan), Basiacuong (Kampar), Pantun Atui (Kampar), Badondong (Kampar), Kotik Adat Kampar (Kampar).

 

Menariknya, pada acara besok tersebut, salah satu karya budaya WBTB Riau akan ada penampilan pembacaan Syair Siak. Hal ini tentunya sekaligus mempromosikan kekayaan khasanah Riau dihadapan menteri dan tamu undangan yang hadir dari berbagai provinsi lainnya. 

 

"Setelah diserahkannya  penghargaan ini, tugas pemerintah berikutnya membinanya, terutama yang warisan yang ada di daerahnya," harap Yoserizal.(PNC/MC Riau)

×