Jumat, 24 November 2017 - 06:55:44 WIB

Bupati Kampar Harapkan Konreg PDRB Perkuat Integritas dan Kinerja Perencanaan Pembangunan

Editor: Administrator | Dibaca: 183
Bupati Kampar Harapkan Konreg PDRB Perkuat Integritas dan Kinerja Perencanaan Pembangunan

PIRAMIDNEWS.COM - Pelaksanaan Konsultasi Regional (Konreg), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) se-Provinsi Riau yang digelar di Stanum Bangkinang berjalan sukses dan lancar.  Artinya dengan demikian Kabupaten Kampar sukses sebagai tuan rumah  dalam pelaksanaan kegiatan Konreg PDRB se-Provinsi Riau.

Rapat Konreg PDRB ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal  SH MM  di Stanum Bangkinang,  Kamis (23/11). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto  SH,  Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir H Azwan, MSi selaku Ketua panitia,  para Kepala OPD se-Kabupaten Kampar.

Kemudian juga hadir narasumber baik dari Jakarta maupun dari Provinsi Riau, yakni Hadi Susanto  SSi MA dari BPS RI, Dr Alex Oktavianus MA dari Bappenas RI, Joni Kasmuri  S ST  MEc dari BPS Provinsi Riau,  Abdul Gafar  SP  MSi dari Bappeda Provinsi Riau dan  Dr Azharuddin MMA dari Universitas Islam Riau.

Bupati Kampar Azis Zaenal saat acara pembukaan Konreg PDRB se-Provinsi Riau berharap dengan kehadiran peserta  Konreg PDRB ini dapat menjadi dorongan dalam akselarasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar khususnya.

Bupati mengaku bangga dan bahagia dilaksanakannya rapat konsultasi regional (konreg) PDRB se-Provinsi Riau.  "Dengan kegiatan ini diharapkan akan terbentuk kesamaan persepsi dan pemahaman dalam penyusunan data statistik tentang indikator pertumbuhan perekonomian," ujarnya.

Disampaikan Bupati bahwa penyelenggaraan rapat Konreg PDRB ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan aparatur dalam pengelolaan data statistik indikator pertumbuhan ekonomi.

Selain itu dengan terlaksananya kegiatan ini akan semakin mendorong terciptanya keselarasan,  keserasian dan keterpaduan dalam perencanaan pembangunan antara wilayah dan antar sektor sehingga dapat memperkuat integritas dan kinerja perencanaan pembangunan khususnya di wilayah Provinsi Riau.
 
Berdasarkan pergeseran peran kelompok ekonomi itu,  Pemerintah Kabupaten Kampar bertekad untuk mengembalikan kejayaan masyarakat Kampar di sektor pertanian dan perkebunan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kampar menempatkan pembangunan sektor pertanian dan perkebunan sebagai prioritas utama dalam kebijakan pembangunan Kabupaten Kampar ke depan.

Kemudian diikuti bersamaan dengan pembangunan infrastruktur, kesehatan,  pendidikan dan pemanfaatan sumber daya alam secara arif dan bijaksana serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.

Khusus bagi jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah diberi amanat untuk menyelenggarakan perstatistikan di daerah akan terus dituntut untuk berkarya lebih baik lagi,  lebih profesional,  berintegritas dan amanah.

"Dengan kesungguhan kita semoga data statistik terpercaya untuk semua, sebagaimana telah menjadi visi BPS dapat terwujud dan menjadi kebanggaan kita semua," ujarnya.

Dengan dukungan data terpercaya, Bupati yakin proses perencanaan dan evaluasi pembangunan di wilayah Provinsi Riau akan terlaksana dengan baik sesuai arah dan target yang benar. "Dengan dilaksanakannya rapat Konreg PDRB ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antar stakeholder dan saling memberikan kontribusi yang optimal dalam rangka memperbaiki kualitas dan validitas data PDRB sekaligus peningkatan manfaatnya untuk masa yang akan datang," ujar Bupati.

Di samping itu kegiatan ini juga merupakan wadah untuk bertukar informasi dan pengetahuan tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional.

"Melalui rapat koordinasi ini kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan daerah yang kita hadapi,  antara lain kerusakan infrastruktur dan degradasi lingkungan,  masih rendahnya indeks kesehatan, masih  rendahnya daya saing pendidikan,  masih tingginya angka kemiskinan dan lain sebagainya," ajak Bupati.

Untuk itu Bupati mengajak peserta untuk dapat memberikan  masukan-masukan konstruktif bagi pembangunan,  dengan pertumbuhan ekonomi regional yang berkualitas tentu akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan yang pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat sejahtera  dan berkeadilan di Provinsi Riau.
 
"Saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti rapat konsultasi PDRB ini dengan sebaik-baiknya sehingga harapan untuk terwujudnya pengelolaan data yang akuntabel dan terukur dalam mewujudkan pembangunan ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat dapat lebih optimal," ujar Bupati.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta rapat Konreg PDRB se-Provinsi Riau tahun 2017 diikuti sebanyak 52 orang yang terdiri dari: Bappeda Provinsi Riau 2  orang, Dinas Kominfo Provinsi Riau  2  orang, BPS Provinsi Riau 2  orang,  Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau  24 orang dan BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau 24 orang.

Setelah narasumber menyampaikan materi maka di akhir kegiatan dirumuskan kesepakatan Konreg.  Ada 10 kesepakatan yang dicapai dalam Konreg PDRB se-Provinsi Riau Tahun 2017 ini.  Salah satunya,  adalah ditetapkannya,  tuan rumah pelaksanaan Konreg PDRB tahun 2018 Kabupaten Pelalawan dan tahun 2019 Kabupaten Bengkalis.  (HJ)  


Foto: Bupati Kampar Azis Zaenal bersama Wakil Bupati Kanpar Catur Sugeng Susanto, Kepala Bappeda Kampar Azwan dan narasumber pada acara pembukaan Konreg PDRB se-Provinsi Riau di Stanum Bangkinang,  Kamis (23/11). (HJ)


×