Sabtu, 07 Oktober 2017 - 10:15:35 WIB

Bappeda Gelar Musrenbang RPJMD Kampar, Bupati Azis Z: Industri Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Editor: Administrator | Dibaca: 32
Bappeda Gelar Musrenbang RPJMD Kampar, Bupati Azis Z: Industri Kunci Pertumbuhan Ekonomi

PIRAMIDNEWS.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kampar, Kamis (5/10/17).

Acara  dibuka  secara resmi oleh  Wakil Bupati (Wabup) Kampar Catur Sugeng Susanto SH mewakili Bupati Kampar karena saat bersamaan  Bupati  Kampar H Azis Zaenal sedang melaksanakan tugas lain. Bupati hadir saat acara ekpose dan sekaligus menyampaikan materi pada rapat pleno.

Hadir pada ekspos tersebut Bupati Kampar  H Azis Zaenal SH MM, Wabup Catur Sugeng Susanto SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar  Drs H Yusri MSi, Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri SAg, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir Azwan MSi, Forkopimda.

Narasumber dari Bappenas  RI M Nasir (Fungsional Perencana Madya), Ketua Tim Ahli dari LPPM Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat-Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (LPPM-P4W)  Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Rahman dan anggota, Anggota DPRD Provinsi Riau H Masnur SH, Ilyas HU, Eva Yuliana SE, Nasril MAg.

Kemudian turut hadir Wakil Ketua DPRD Kampar M Faisal dan sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Kampar, Asisten Setda, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Sekretraris Bappeda  Afrizal beserta Kepala Bidang  dan Kasubbid, PPTK Musrenbang RPJMD Eka Enggara ST,  Camat se-Kabupaten Kampar, Perusahaan,  Perguruan Tinggi, Pemuka Masyarakat, Pemuka Agama, Asosiasi dan Organisasi Kemasyarakatan yang berada di Kabupaten Kampar.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir Azwan,  selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RPJMD  ini merupakan  pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.  

Tujuan penyelenggaraan Musrenbang RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022 adalah untuk mendapatkan masukan dan komitmen para pemangku kepentingan pembangunan daerah sebagai bahan penyempurnaan Rancangan RPJMD menjadi Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022.

Setelah pelaksanaan Musrenbang RPJMD ini, tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah Perumusan Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022, Konsultasi Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022 ke Pemerintah Provinsi Riau dan Penetapan Perda tentang RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022.

Musrenbang RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022 ini bertema "Terwujudnya Kabupaten Kampar Sebagai Wilayah Industri dan Pertanian yang Maju dengan Masyarakat yang Religius, Beradat, Berbudaya dan Sejahtera”.

Wakil Bupati Kampar saat Catur Sugeng Susanto saat pembukaan menyampaikan bahwa dokumen RPJMD Kabupaten Kampar 2017-2022 ini menjadi instrumen perencanaan sehingga Visi dan Misi dapat terwujud di akhir tahun perencanaan. Seluruh penjabaran Visi dan Misi Kabupaten Kampar selama lima tahun yang termuat dalam dokumen RPJMD ini, pada akhirnya menjadi bagian dari upaya mewujudkan Visi RPJPD Kabupaten Kampar Tahun 2005-2025 “Kabupaten Kampar Negeri Berbudaya, Berdaya, Dalam Lingkungan Masyarakat Agamis Tahun 2025”.   

Disampaikannya bahwa  Rancangan RPJMD merupakan dokumen yang menjadi pedoman bagi seluruh OPD dalam melakukan penyusunan Rancangan Renstra Perangkat Daerah. “Untuk itu kepada seluruh kepala OPD saya harapkan agar melakukan Penyusunan Rancangan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah, sesuai dengan Visi dan misi yang tertuang dalam Rancangan RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022, sehingga setiap dokumen perencanaan yang disusun memiliki singkronisasi dan saling mendukung antara satu dokumen dengan dokumen lainnya,” ujarnya.   

Ia mengharapkan, dalam penyelenggaraan  Musrenbang ini  ada masukan, umpan balik, kesamaan pandangan tentang tujuan dan sasaran RPJMD Kabupaten Kampar tahun 2017-2022, dengan data dan informasi yang memadai, sehingga dihasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas,  dapat diaplikasikan, dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan pembangunan untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Rangkaian acara setelah pembukaan diisi dengan pleno,  yakni  Ekspose Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2015-2019 oleh M Nasir Fungsional Perencana Madya dari Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas RI, Ekspose Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Provinsi Riau Tahun 2014-2019 oleh Kepala Bappeda Provinsi Riau Rahmad Rahim, Ekspose Bupati Kampar tentang Rancangan RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022 dan Pembahasan (diskusi).

Bupati Kampar Azis Zaenal menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kata kuncinya adalah kembangkan industri sesuai dengan visi dan misinya. “Kalau tidak kita kembangkan industri, maka perkembangan ekonomi kita akan stagnan,” ingatnya.

Oleh sebab itu ia meminta kepada seluruh OPD untuk berkreasi, berinovasi dan kerja keras. “Kepala OPD tidak cukup hanya loyal tapi  harus pintar,” tegasnya.

Setelah penyampaian materi,  dilanjutkan dengan diskusi. Banyak peserta yang menyampaikan pertanyaan dan saran, seperti yang disampaikan Kadis Pariwisata Syamsul Bahri, Kadis Perindustrian Heri Afrizon, Dr Aliman Makmur,  Ketua LAK H Ramli R Dt Permata Said dan banyak lagi yang lainnya.  Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan berita  acara Musrenbang RPJMD oleh Bupati dan perwakilan peserta. (HJ)

 Foto: Bupati Kampar Azis Zaenal saat menyampaikan materi pada acara Musrenbang RPJMD di Aula Bupati Kampar, Kamis (5/10/17). (Herman Jhoni)

 
 

×