Rabu, 26 Desember 2018 - 21:27:25 WIB

KSOP Dumai Himbau Perusahaan Pelayaran Patuhi Aturan Keselamatan Berlayar

Editor: Administrator | Dibaca: 153
KSOP Dumai Himbau Perusahaan Pelayaran Patuhi Aturan Keselamatan Berlayar

PIRAMIDNEWS.COM - Perusahaan pelayaran, khususnya pengusaha Kapal angkutan umum dihimbau untuk mematuhi aturan
keselamatan pelayaran.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai, Sanggam Marihot SE melalui Kasi Keselamatan Berlayar (Kasbel), Capt Yuzirwan saat melakukan pengawasan Keselamatan dan Keamanan bagi Kapal angkutan umum yang digunakan untuk mengangkut penumpang dalam rangka arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Lulusan Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan ini juga mengingatkan kepada Perusahaan Pelayaran, khususnya Kapal Ferry
ataupun speedboat yang mengangkut penumpang dalam dan luar negeri agar tidak memberangkatkan kapal, jika sudah melebihi
kapasitas yang tersedia.

"Tanggungjawab keselamatan pelayaran bukan semata tanggung jawab regulator, tetapi juga semua pihak, termasuk Nakhoda,
operator kapal dan penumpang kapal,” ujar Capt Yuzirwan saat melakukan pengawasan di Terminal Penumpang PT Pelindo I Cabang Dumai, Jalan Datuk Laksamana, Minggu sore (23/12/2018).

Kepada Nakhoda dan Operator Kapal, lanjut Yuzirwan, agar memastikan kapal yang berangkat telah memenuhi persyaratan kelaiklautan serta memeriksa kembali jumlah penumpang.

"Sedangkan kepada para penumpang diwajibkan untuk memiliki tiket sesuai nama dan lokasi tujuan, mematuhi peraturan yang berlaku di atas kapal, tidak membawa barang berbahaya serta menjaga ketertiban dan keamanan," terangnya.

KSOP Kelas I Dumai juga meminta Nakhoda kapal untuk memperhatikan faktor cuaca sebelum berangkat guna mengantisipasi
kemungkinan terjadinya cuaca buruk di tengah pelayaran.

"Kami (KSOP,red) rutin mengeluarkan maklumat pelayaran tentang pemberitahuan kondisi cuaca. Maka dari itu, Nahkoda harus patuh terhadap penundaan pelayaran yang dikeluarkan KSOP, bila cuaca buruk," tegasnya.

Menurut Yuzirwan, aturan-aturan yang ada sudah mengatur secara detail dan jelas namun diperlukan integritas petugas di lapangan untuk memastikan implementasi aturan tersebut berjalan dengan baik.

"Oleh karena itu, ketegasan yang dilakukan semata-mata demi keselamatan pelayaran agar tidak ada lagi kelalaian yang menyebabkan musibah,” tugas Yuzirwan. (dik)
    
Foto: Kapal penumpang sandar di Pelabuhan Dumai.


×