Advertorial Pemprov Riau
Minggu, 17 Desember 2017 - 16:42:32 WIB

MTQ Provinsi di Dumai, Membumikan Al Quran di Tanah Melayu

Editor: Administrator | Dibaca: 70
MTQ Provinsi di Dumai, Membumikan Al Quran di Tanah Melayu

GUBERNUR RIAU H Arsyadjuliandi Rachman secara resmi melepas peserta Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke-36, Minggu (10/12/17). Gubernur Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa pawai ini diharapkan menggugah hati masyarakat dan menyerap hikmah serta pendidikannya semoga masyarakat antusias menyaksikan helat MTQ ini. Apalagi pelaksanaan helat MTQ ini esensinya adalah membumikan AL-Quran di Tanah Melayu.

Kegiatan pawai ini juga sekaligus sarana silaturahmi antar kontingen sedangkan bazar merupakan sarana untuk meningkatkan sektor UMKM di Riau. Hendaknya kegiatan ini jangan dipandang sebagai kegiatan seremonial saja melainkan lebih pada tujuan silaturahmi dan mendorong antusias masyarakat untuk menyaksikan kegiatan MTQ.

Pawai ta’aruf yang berpusat di jalan HR Soebrantas Kota Dumai di ikuti Sebanyak 12 kabupaten/kota se Riau. Kegiatan pawai ta’aruf tersebut 12 kabupaten/kota menampilkan kebolehannya di depan panggung kehormatan, mereka berjalan sembari bershalawat, mengaji dan ada pula yang menari, bermain musik, marching band sambil menyanyikan lagu-lagi Islami dan lagu khas daerahnya masing-masing.

Pawai ta'aruf ini disaksikan oleh Gubernur Riau besrta istri, Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Asisten I Gubri Ahmad Sahrofi, Sekdaprov Riau H Ahmad Hijazi. Ketua MUI Prov Riau Nazir Karim, Wali Kota Dumai Zulkifli As, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo, Sekdako Dumai HM Nasir, Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H Sunaryo, seluruh tamu undangan yang terdiri dari kepala daerah se-Provinsi Riau dan unsur Forkopimda Kota Dumai.

Dalam rangka memeriahkan MTQ ke-36 tahun 2017, para peserta pawai melintas di depan panggung utama. Masing masing tiap kabupaten/kota membawakan tema-tema pembangunan, objek wisata, semangat mengaji serta keanekaragaman tradisi budaya adat dan istiadat.

Selain itu, keunikan kendaraan hias yang beranekaragam bentuk tema dari masing- masing kontingen juga turut memeriahkan
suasana MTQ tersebut.

Ribuan masyarakat Dumai beramai-ramai menyambut pawai ta'aruf di sepanjang Jalan HR Soebrantas. Start pawai ta'aruf mulai dari depan Lapangan Bukit Gelanggang hingga Jalan Sudirman-Jalan Sultan Syarif Kasim dan finis di Jalan Patimura.

Meskipun cuaca di Kota Dumai panas terik, namun perserta pawai ta'aaruf tetap bersemangat menyaksikan beragam atraksi, nyanyian lagu, tarian, musik khas dan pakian adat daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se Riau.

Pawai Ta'aruf MTQ 36 Provinsi Riau ini berlangsung sukses dan meriah yang diikuti seluruh kafilah kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Sementara itu, pembukaan bazaar yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ibu Gubernur Riau Sisilita Arsyadjuliandi.

mt dum

Wagubri H Wan Thamrin Hasyim menyerahkan piala bagi Kota Pekanbaru yang tampil sebagai Juara Umum

Pelaksanaan MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Riau itu ditutup secara resmi oleh Wakil Gubri H Wan Thamrin Hasyim, Sabtu (16/1217). Kafilah Kota Pekanbaru sukses mempertahankan gelar Juara Umum pada perhelatan MTQ ke-36 ini dengan perolehan medali yakni Terbaik I 10 orang, Terbaik II 5 orang dan Terbaik III 7 orang dengan total nilai 72 poin.

Piala MTQ di Dumai diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim. Atas prestasi yang diperoleh kafilah Pekanbaru pada MTQ ke-36 ini, Walikota Pekanbaru diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekko) M Noer MBS mengucapkan selamat dan tahniah.

Katanya, pencapaian prestasi ini, harus menjadi motivasi dan inspirasi dalam membangun peradaban dalam rangka mewujudkan kota Pekanbaru yang Smart City Madani yang maju dan bertamadun Islam.

Khusus kepada peserta yang meraih prestasi gemilang, M Noer berpesan untuk mempertahankan prestasi ini sehingga di MTQ ke-37 yang dilaksanakan di Kabupaten Meranti mendatang bisa direbut kembali. Untuk itu peserta terbaik diminta untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan.

Sedangkan peserta yang belum berhasil agar tidak cepat berputus asa, karena pencapaian prestasi pada MTQ ke-36 tingkat Provinsi Riau bisa menjadi cambuk dan pemicu untuk lebih giat belajar dan berlatih. Sesuai ungkapan, bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

"Terpenting jadikan keikutsertaan dalam MTQ kali ini, selain sebagai salah satu upaya untuk memelihara kesucian Al Quran dan mengembangkan syiar Islam, juga harus membawa manfaat bagi kemaslahatan," tambahnya.

Berikut data perolehan poin yang diraih oleh Kabupaten/Kota di Riau: 1. Pekanbaru 72 poin, 2. Meranti, 46 poin 3. Kampar 45 poin, 4. Bengkalis 44 poin 5. Pelalawan 42 poin, 6. Rokan Hilir 37 poin, 7. Siak 31 poin, 8. Rokan Hulu 28 poin, 9. Dumai 19 poin, 10. Kuantan Singingi 17 poin, 11. Indragiri Hilir 13 poin dan 12. Indragiri Hulu 7 poin. (ADVERTORIAL/pnc)  

Foto Utama: Gubri H Arsyadjuliandi Rachman dan istri didampingi Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, Walikota Dumai H Zulkifli As menyaksikan pawai taa'ruf MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Riau di Dumai.






×