Advertorial Kuantan Singingi
Kamis, 05 Oktober 2017 - 23:14:20 WIB

Rakoor Evaluasi Program APBD Kuansing, Bupati Mursini Minta OPD Konsisten dan Prosedural

Editor: Administrator | Dibaca: 215
Rakoor Evaluasi Program APBD Kuansing, Bupati Mursini Minta OPD Konsisten dan Prosedural

PIRAMIDNEWS.COM - Guna mengetahui pencapaian pelaksanaan program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Tahun Anggaran 2017, Pemkab Kuansing melakukan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Ketercapaian Program dengan OPD di Kantor Bupati Kuansing, Provinsi Riau.

Rapat Koordinasi dan evaluasi ketercapaian program dengan OPD tersebut dipimpin langsung Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi  di Ruang Multi Media Kantor Bupati Kuansing," ujar Kabag Humas Pemkab Kuansing Drs Muradi kepada wartawan, Kamis (5/10/17).

Menurutnya, pada rakoor itu Bupati menekankan kepada masing-masing OPD untuk melaksanakan kegiatan yang dirancang dan dituangkan dalam APBD tahun 2017 Kuansing harus dilaksanakan dengan konsisten sesuai dengan prosedur, dan ketetapan agar semua program bisa terlaksana sesuai dengan jadwal dalam menggerakkan roda pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kuansing.

"Namun kita semua di dalam menggunakan anggaran juga harus hati-hati, dengan bersandar pada peraturan yang sesuai dan  mengingatkan OPD di lingkup Pemkab Kuansing," katanya.

Hal ini agar dapat mengimplementasikan tindak lanjut dari setiap kegiatan. Tindak lanjut tersebut berupa penilaian resiko melalui identifikasi dan analis risiko terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan. "Sehingga memudahkan pencapaian tujuan organisasi," ujarnya.

Tidak kalah pentingnya, melakukan kegiatan pengendalian dengan menetapkan prosedur dan kebijakan yang menjadi pedoman bagi instansi di dalam mencapai tujuan, agar Kepala OPD dan pejabat yang terkait memahami tata cara penilaian resiko, dengan melakukan identifikasi dan analisis resiko dalam merencanakan dan menyusun kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

"Kita semua tidak terjebak dalam penggunaan anggaran, yang tidak sesuai aturan karena semua kegiatan itu, menuntut pertanggung jawaban. Kalau salah bisa mendapat konsekwensi hukuman," pungkasnya. (Ngah)


Foto: Bupati Kuansing H Mursini saat memmpin Rakoor Evaluasi Ketercapaian Program APBD tahun 2017 dengan OPD, Kamis (5/10/17).

×