Advertorial kota-dumai
Senin, 15 April 2019 - 22:04:13 WIB

Meriahkan Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis

Editor: Administrator | Dibaca: 78
Meriahkan Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis

PIRAMIDNEWS.COM - Sempena memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
(Disdikbud) Kota Dumai menggelar Lomba Lagu Melayu dan Lomba Melukis, Sabtu (13/4/2019) di Halaman Kantor Disdikbud, Jalan Tanjung Jati, Dumai.

Lomba lagu melayu untuk tingkat pendidik dan tenaga kependidikan jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA negeri dan swasta
dan lomba melukis tingkat siswa jenjang SD/MI, SMP/MTs negeri dan swasta se Kota Dumai secara resmi dibuka Wakil Walikota
Dumai, Eko Suharjo didampingi Kepala Disdikbud Dumai Sya’ari, Sekretaris Disdikbud Dedi, Ketua Panitia Ali Ibnu Amar serta disaksikan puluhan peserta yang telah siap mengikuti lomba.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdikbud. Ia
meminta ke depannya, kegiatan seperti ini (Seni dan Budaya,red) hendaknya dapat dilaksanakan di Lapangan Bukit Gelanggang, agar lapangan tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

“Dengan kegiatan seperti ini tentunya bisa memperkenalkan lagu–lagu daerah, khususnya Melayu kepada masyarakat luas. Sedangkan Lomba Melukis, tentunya bisa menyalurkan bakat anak–anak Didik dan juga sesama mereka (anak didik,red) bisa saling berinteraksi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Dumai Drs Sya’ari menyampaikan dalam rangka memeriahkan Hardiknas 2019 dan juga Hari Jadi
Kota Dumai ke 20, beragam kegiatan telah dilaksanakan Disdikbud, khususnya Seni dan Budaya.

Di antaranya, Festival musik tingkat Pelajar, Mahasiswa dan Umum, lomba layang–layang dan gasing, Lomba Nasyid dan Parade Tari Daerah.

“Di bulan puasa nanti, Disdikbud juga akan menggelar lomba kompang dan rebana. Semoga kegiatan–kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdikbud ini terus mendapatkan support dari Pemerintah Daerah dan juga masyarakat Dumai. Karena, apa yang kita lakukan ini tentunya untuk terus melestarikan Seni dan Budaya yang ada di daerah kita,” sebutnya.

Ketua Panitia, Ali Ibnu Amar menambahkan, ada belasan peserta yang mengikuti lomba lagu Melayu dan puluhan peserta yang
mengikuti lomba melukis.

Khusus, peserta lomba lagu Melayu, masing–masing peserta menyanyikan dua lagu. satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Lagu wajib laki–laki yakni Fatwa Pujangga dan lagu wajib perempuan yakni Putri Tujuh. Untuk lagu pilihan ada dua,  di antaranya, Serampang Laut dan Joget Hitam Manis.

"Perlombaan ini salah satu upaya kita untuk mengembangkan minat dan bakat, baik itu tenaga pendidik maupun anak–anak didiknya,” ucapnya. Dewan Juri lomba lagu Melayu yakni seniman Dumai, di antaranya Yung Hamid, Eska Fumiyaki, Alfala. (dik)

Foto: Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo memukul gong pertanda dibukanya secara resmi Lomba Lagu Melayu dan Lomba Melukis yang ditaja, Sabtu (13/4/19) di Halaman Kantor Disdikbud, Jalan Tanjung Jati, Dumai.

×