Advertorial kab-siak
Senin, 18 November 2019 - 12:42:57 WIB

Siak Internasional Serindit Boat Race Suskes, Bupati Alfedri: Memperkenalkan Siak ke Dunia Luar

Editor: Administrator | Dibaca: 21
Siak Internasional Serindit Boat Race Suskes, Bupati Alfedri: Memperkenalkan Siak ke Dunia Luar

PIRAMIDNEWS.COM - Iven Siak Internasional Serindit Boat Race (SISBR) yang diikuti oleh 45 Tim yang berlangsung 14 hingga 17 November 2019 ditepian turap Bandar Sungai Jantan berjalan sukses.

Ajang tersebut sebelumnya dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Drs HTS Hamzah ,M.Si yang ditandai dengan pemukulan Tambur bersama Ketua DPRD Kabupaten Siak, Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Wakil Ketua PB Podsi dipentas Siak Bermadah pada Kamis malam 14 November 2019 .

Sekda mengatakan bahwa iven Serindit Boat Race yang dilaksanakan pada Tahun 2019 merupakan iven sport tourism yang telah menjadi agenda kalender wisata tahunan, sebagaimana Iven Tour de Siak, yang telah resmi tercatat pada kalender iven organisasi UCI.

Ajang ini diikuti sebanyak 45 tim peserta yang ikut ambil bagian pada Iven Serindit Boat Race 2019 ini, diantaranya berasal dari Luar Negeri, seperti Negara Malaysia, dan Brunei Darussalam. Untuk peserta yang berasal dari dalam negeri yakni Provinsi Jambi, Kabupaten Pasaman Barat, DKI, Kabupaten Agam, Kota Bekasi, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, dan sejumlah tim kebanggaan kita dari Kabupaten Siak selaku tim tuan rumah.

Pada malam pembukaan Iven Serindit Boat Race tersebut ,Sekretaris Daerah Kabupaten Siak HTS Hamzah menyampaikan, tujuan diselenggarakannya iven Serindit Boat race ini dimaksudkan sebagai menyokong promosi wisata Kabupaten Siak sebagai destinasi wisata yang bertema “Heritage, Culture, And Nature”.

"Melalui iven Serindit Boat Race 2019 ini, kita berharap keberadaan sungai terdalam se-Indonesia dengan nilai historisnya yang kuat pada masa yang lalu, dapat semakin dikenal luas baik ditingkat nasional hingga dunia internasional," kata Hamzah.

TS Hamzah juga menjelaskan secara singkat tentang nilai historis Sungai yang dahulu juga dikenal dengan sebutan Sungai Jantan bagian dari satu kesatuan tak terpisahkan dari Kawasan Kota Pusaka Siak Sri Indrapura, karena pernah menjadi saksi sejarah kejayaan maritim Kesultanan Siak Sri Indrapura dimasa silam.

"Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak, tak lupa saya mengajak, marilah kita bersama-sama menjadi tuan rumah yang ramah dalam pelaksanaan helat ini, baik bagi tamu para atlit dan offisial, maupun kepada segenap wisatawan yang sengaja datang untuk menyaksikan iven Serindit Boat Race 2019," kata Sekda.

Saat menutup iven Siak Internasional serindit boat race 2019 pada Ahad 17 November 2109 Bupati Siak Drs Alfedri MSi mengatakan bahwa iven bergengsi Siak Internasional Serindit Race tahun 2019 berjalan cukup sukses sejak awal hingga berakhir.

Penyerahan hadiah bagi pemenang Siak Serindit Boat langsung diserahkan Bupati Siak Alfedri kepada para pemenang di halaman Siak Bermadah.

Bupati Siak Alfedri pada kesempatan itu mengatakan, bahwa pelaksanaan Siak Internasional Serindit Boat Race yang ketiga di tahun ini berjalan lancar dan suskes hingga berakhir petandingan.

Dia juga menyebutkan untuk ditahun 2019 ini kualitasnya lebih baik dan untuk peserta yang mengikuti mengalami peningkatan dari tahun 2018 yang lalu. Ia mengharapkan dengan adanyan iven Siak Internasional Serindit Boat Race dapat memperkenalkan Siak ke dunia luar melalui promosi pariwisata dengan banyak orang yang datang ke Siak.

"Iven Siak Internasional Serindit Boat Race diharapkan mampu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga dengan banyak yang datang ke Siak mudah-mudahan ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

" Selain itu, Tahun 2019 ini juga mengalami peningkatan dari tahun 2018 dimana peserta luar negeri hanya di ikuti 1 tim saja, tapi sekarang negara luar sebanyak 4 tim dan dalam negeri juga bertambah," paparnya.

Bupati Siak mengungkapkan akan berupaya untuk ditahun depan semakin baik dan peserta terutama diharapkan dari luar negeri semakin bertambah banyak nantinya.

Karena kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Siak menarik minat wisatawan maupun manca negara menjadikan kadilam Kabupaten Siak sebagai salah satu destinasi wisata yang diidolakan.

Oleh sebab itulah pelaksanaan Siak internasioanl serindit boat race ini jangan dinilai dari sudut pandang seremonialnya, akan tetapi dengan cara lah kita mempromosikan khazah wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Siak yang terus kita jual kepublik dan ke dunia luar untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata.

Makanya sudah di usia 20 Kabupaten Siak berdiri sebagai sebuah kabupaten pemekaran, Pemerintah Kabupaten Siak terus gencar mengenalkan Siak baik didalam Negeri maupun diluar Negeri yang terus kita munculkan ke publik dengan berbagai cara, termasuk lewat iven-iven seperti ini," kata Bupati Siak.

Apalagi Kabupaten Siak ini merupakan Daerah bekas kerajaan yang cukup banyak terdapat khazanah peninggalan bersejarah yang ditinggalkan oleh Sultan , yang punya nilai jual tinggi untuk di kunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun dari manca Negara .

Dimana selama ini juga Kabupaten Siak menjadikan media massa sebagai salah satu jurus dalam mempromosi Negeri bekas kerajaan ini, terkait apapun yang hendak dijual kepada publik, sebagai bahan untuk dijadikan daya tarik bagi kunjungan wisata untuk berdatangan ke daerah.

"Dan itu terus dilakukan Pemerintah Daerah dan termasuk berbagai Iven tahunan yang sudah ditetapkan sebagai kalendar yang terus dilakukan, seperti Tour de Siak, Siak bermadah, dan termasuk ajang Serindit boat race ini, juga arah nya kesana. Makanya sejumlah Iven yang sudah menjadi agenda tetap tahunan, mari kita lihat dari sudut positifnya, bagaimana tujuan dari kegiatan tersebut yang sangat bernilai jual tinggi terhadap kemajuan pada sektor wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Siak supaya menjadi perhatian dunia," harap Bupati.

Dan berharap pada Siak Internasional boat race tahun 2020 mendatang semoga tim dari luar Negeri bisa meningkat dari empat tim yang ikut pada Tahun ini , dan kedepannya bisa semakin banyak lagi.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Siak akan terus berupaya untuk lebih baik lagi dalam meningkatkan kwalitas penyelenggara sebagai tuan rumah," janji Bupati.

Semetara itu Kadis Pariwisata Kabupaten Siak Dr . Fauzi Asni menyampaikan bahwa ajang Siak Internasional Serindit Boat Race yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak melalui instansi yang dia pimpin sudah merupakan ajang rutin Tahunan yang sudah menjadi agenda tetap tahunan.

Tujuan dari diselenggarakannya Iven sport tourism ini di gelar dalam rangka mempromosi kan pariwisata kabupaten Siak, sehingga diharapkan jumlah wisatawan berkunjung ke kabupaten Siak juga diharapakan terus meningkat secara signifikan.

Setelah sukses menyelengarakan tahun pertama dan kedua Dragon Boat Siak, menurut peserta yang berlomba ada yang menarik balapan sampan di sungai Siak, selain sungainya dalam juga memiliki arus pasang surut yang cukup deras, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap tim.

"Serindit Boat Race di Sungai Siak dari pengalaman dua tahun terakhir, sejumlah peserta menceritakan pengalaman kepada panitia ada tantangan tersendiri berlaga di Sungai Siak, selain pasang surut dan juga arusnya cukup deras, dibutuhkan strategi khusus masing-masing tim untuk memenangkan lomba. Siak nternasional Serindit Boat Race juga sudah masuk ke dalam kalender PB PODSI (Persatuan olahraga dayung seluruh indonesia) termasuk event besar yang di adakan secara reguler seperti yang telah disampaikan oleh tim diliged PODSI Muhamad Idam hata tim," terang Fauzi Asni.(adv/humas pemkab siak/pnc)

Foto : Bupati Siak, H. Alfedri menyerahkan hadiah kepada pemenang Siak Internasional Serindit Boat Race

×