Advertorial kab-siak
Sabtu, 04 Mei 2019 - 23:05:36 WIB

Peralatan Seadanya, Anggota TNI, Polri dan Satgas Kampung Upayakan Pemadaman Api di Lahan Temusai

Editor: Administrator | Dibaca: 61
Peralatan Seadanya, Anggota TNI, Polri dan Satgas Kampung Upayakan Pemadaman Api di Lahan Temusai

PIRAMIDNEWS.COM - Seluas enam hektare lebih lahan gambut milik masyarakat Kampung Temusai, Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak di lalap api. Api yang begitu besar tak dapat dijinakkan oleh pemadam kebakaran besarta rombongan TNI dan Polri serta Satgas Kampung di karenakan minimnya alat pemadam kebakaran kala itu.

"Memang benar, api semakin menjadi dan merembet hingga ke lahan masyarakat lainnya, itu dikarenakan bukan lambannya pihak terkait seperti pemadam kebakaran, Satgas Kampung, TNI dan Polri untuk menanganinnya, namun akibat keterbatasan alat pemadam. Untuk itu kami meminta kepada pemerintah agar dapat memberikan bantuan alat mesin pemadam kebakaran di kampung kami," ungkap Penghulu Kampung Temusai Markuat kepada Piramidnews.com, Jumat sore (3/5/2019) sambil membantu pihak terkait untuk melakukan pemadaman dengan alat seadannya.

Selain alat pemadam kebakaran, jarak api yang begitu besar juga tak dapat dijangkau oleh selang air, dan jaraknya cukup jauh dari parit, sehingga api yang begitu besar tak dapat dihalau dan hanya bisa dilihat begitu saja.

"Lihat aja sendiri, api begitu besar di lahan masyarakat hanya bisa dilihat begitu saja tak dapat dipadamkan. Jadi upaya kita hanya bisa mencegah dari sini dan mematikan api yang dekat dengan parit agar tidak merembet ke lahan yang lain," ujar penghulu.

Penghulu Markuat juga menjelaskan, sebenarnya api berawal dari Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Karena kurangnya penanganan dari pihak sebelah (warga Muara Dua), api itu merembet ke lahan masyarakat Temusai.

"Kemarin api itu masih menyala di lahan milik warga Muara Dua, namun karena dibiarkan ahirnya merembet ke sini karena lahan di sini perbatasan dengan lahan mereka," katanya.

Sementara itu, pihak kepolisian dari Kecamatan Bunga Raya yang juga ikut membantu memadamkan api bersama Damkar Kabupaten Siak dan Satgas Kampung Temusai terlihat kewalahan, mereka hanya bisa memadamkan api di sekitar parit yang ada airnya, namun api yang berada sekitar 300 atau 500 meter dari parit tak dapat dipadamkan.

Terlihat juga Kapolsek Bunga Raya AKP Amarulah melakukan pemadaman di tengah-tengah kebun milik masyarakat yang dibantu juga oleh Damkar Siak.

"Saat ini kita hanya bisa membantu sekuat tenaga dengan menggunakan alat pemadam kebakaran yang ada, namun karena api sangat besar yang dapat kita lakukan hanya memadamkan api di sekitar parit agar api ini tidak merembet kemana mana. Sebenarnya kendala kita untuk memadamkan api saat ini adalah air, dan  juga alat pemadam kebakaran, karena minimnya alat pemadam kebakaran sehingga kita kesusahan untuk menaklukkan api," ungkap Kapolsek AKP Amarulah didampingi anggotanya di lahan kebakaran.

Terkait api  yang diduga berasal dari Desa Muara Dua, Amarulah sudah berkoordinasi dengan Kapolsek Siak Kecil untuk sama-sama menjaga dan melakukan pemadaman api di wilayahnya masing-masing.

"Saya sudah menghubungi Kapolsek Siak Kecil bahwa sudah terjadi kebakaran di wilayahnya, dan kita sama-sama untuk melakukan pemadaman. Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan jangan membakar lahan sembarangan, melakukan pencegahan pembakaran lahan mulai dari dini, lakukan patroli secara rutin ketika musim kemarau. Dan apabila ada kebakaran segeralah melapor kepada pihak terkait agar bisa dilakukan pemadaman secepatnya agar api tidak membesar," pungkasnya. (sugianto)

Foto: Kapolsek Bunga Raya AKP Amarulah melakukan pemadaman api di lahan masyarakat Kampung Temusai, Bunga Raya, Siak, Jumat sore (3/5).

×