Advertorial kab-siak
Sabtu, 21 September 2019 - 23:45:14 WIB

Lintasan Etape II Diperpendek, Warga Kurang Antusias Saksikan Lomba Tour de Siak

Editor: Administrator | Dibaca: 29
Lintasan Etape II Diperpendek, Warga Kurang Antusias Saksikan Lomba Tour de Siak

PIRAMIDNEWS.COM - Lintasan etape II Tour de Siak,  Siak-Sei Apit diperpendek, kali ini jarak tempuh yang seharusnya 114 kilometer diperpendek menjadi 80 kilometer finish RSUD Tengku Rafi'an Siak.

 Diperpendeknya jalur ini sebelumnya melalui hasil rapat evaluasi panitia Tour de Siak 2019 bersama PB ISSI, Kamis (19/9/2019) malam. Jarak tempuh pembalap sepeda nantinya berputar pada Jembatan Teluk Masjid Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah dan tidak memasuki kota Sungai Apit lagi.

"Sepertinya, jarak tempuh etape II Tour de Siak kali ini diperpendek, mungkin karena pengaruh adanya kabut asap yang terjadi saat ini. Karena baru saja melintasi Bunga Raya, selang beberapa menit kemudian para atlit sudah balik lagi," kata Hasan Bisri, warga Bunga Raya yang juga sebagai Ketua IPSI Bungaraya sambil menyaksikan pembalap sepada Tour de Siak, Jumat (20/9/2019).

Pria yang juga sebagai Ketua Bapekam Kampung Jati Baru itu juga mengaku, bahwa untuk Tour de Siak kali ini kurang antusias masyarakat yang melihatnya, karena kabut asap.

"Tour de Siak kali ini kurang marak, karena kondisi jerebu yang masih menyelimuti Kabupaten Siak, sehingga antusias masyarakat kurang aktif untuk menyaksikan secara langsung," ungkapnya.

Sebelum dimulai start pada etape II ini, sebelumnya dilakukan Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) pada etape I yang dilaksanakan di depan Istana Siak pada pukul 13.30 WIB. Peserta yang mengikuti estape II ini diikuti oleh 11 team, baik peserta dalam maupun luar negeri dengan jumlah pembalap 54 peserta. Sama halnya pada etape I dengan lintasan Siak-Dayun dan finish di depan RSUD Tengku Rafi'an Kabupaten Siak.

Sementara itu Race Director Tour de Siak 2019 Sondi  kepada wartawan mengatakan, para rider (pembalap) itu memang kembali gerombolan dan tidak ada yang lepas.

"Cuma pada 20 kilometer menuju finish pecah (pisah) dan 5 kilometer akhir gabung lagi (bergerombolan) jarak tempuh pada etape ini dipangkas 30 kilometer. Untuk besok itu dipangkas sekitar 40-45 kilometer," ungkapnya.

Pada etape 1 sebelumnya pembalap harus melakukan race sebanyak tiga lap, maka pada hari itu hanyak satu putaran (lap) dengan jarak tempuh 60 kilometer. Dan hari ini, Jumat (20/9/2019) pada etape 2 semula jarak tempuh sejauh 114 kilometer diperpendek menjadi 80 kilometer.

"Pengurangan jarak tempuh Estape II Tour de Siak ini dikarenakan  asaplah. Memang pada hari ini kabut asapnya berkurang, namun keputusan sudah disepakati ya tentu harus dilaksanakan,"pungkasnya (Sugianto)

Foto: Hanya beberapa warga yang menyaksikan Tour de Siak di Bunga Raya.


×