Advertorial kab-siak
Rabu, 03 Juli 2019 - 22:09:04 WIB

Kukerta Universitas Riau Kunjungi Sejumlah Tempat Wisata di Temusai Siak

Editor: Administrator | Dibaca: 36
Kukerta Universitas Riau Kunjungi Sejumlah Tempat Wisata di Temusai Siak

PIRAMIDNEWS.COM - Guna menggali informasi dan membantu Pemerintah Kampung Temusai, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak dalam memperkenalkan tempat wisata yang digencarkan oleh Bupati Siak, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UR) mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kampung Temusai khususnya Dusun Temurun.

"Hari ini kita dari Kukerta Unri Kampung Temusai beranggotakan 10 orang mengagendakan untuk bersilaturahmi ke tempat para sesepuh tokoh masyarakat Kampung Temusai dan berkunjung ke tempat wisata-wisata yang ada di Kampung Temusai yang belum
dikelola dengan baik. Kunjungan kita pertama kali di Makam Panjang. Tempat ini merupakan peninggalan kerajaan Siak yang sampai saat ini masih misterius atau masih belum bisa dijelaskan asal usulnya secara detil," ujar Idris, Ketua Kukerta UR Kampung Temusai, Selasa (2/7/2019).

Idris juga menjelaskan, selain Makam Panjang, rombongan Kukerta juga mengunjungi Kolam Ikan yang terbentuk secara alami dan juga tempat wisata yang berbentuk seperti pulau kecil perbatasan antara Dusun Temurun dan Dusun Teluk Mudahan, Kampung Temusai.

"Di tempat wisata ini masih belum dibuat plang nama sehingga bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya sangat sulit untuk
menemukannya kalau tanpa pemandu orang tempatan. Untuk itu, dalam waktu dua bulan, kami ingin embuat program-program yang dapat membantu masyarakat Kampung Temusai untuk mengembangkan objek wisata yang sudah ada," ujar Idris.

Idris juga meminta kerjasama masyarakat Kampung Temusai untuk mensukseskan program-program yang hendak dilakukan oleh Kukerta Unri selama berada di Kampung tersebut.

"Untuk itu kami berharap kerjasamanya kepada seluruh masyarakat Kampung Temusai untuk mensukseskan kegiatan yang kami
lakukan selama di sini, tanpa kerjasama yang baik tentunya program program kita dalam membantu masyarakat tidak akan tercapai," harapnya.

Idris secara khusus mengucapkan terimakasihnya kepada kepala desa atau Penghulu Kampung Temusai beserta para tokoh masyarakat, Ketua RT, RW, KADUS, LPM, BAPEKAM dan masyarakat Kampung Temusai yang yang mau menerima dengan baik peserta Kukerta UR. "Semoga ilmu kami bisa bermanfaat di tengah-tengah masyarakat," harapnya.

Sementara itu Penghulu Kampung Temusai Markuat melalui Kapala Dusun Temutun Eli Nazri mengharapkan, dengan adanya kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta UR, dapat memotivasi masyarakat untuk mengembangkan tempat wisata yang ada di dusun ini.

"Tempat wisata di sini sudah ada, namun karena dana atau biaya untuk mengelolanya belum ada, jadi tempat tersebut belum bisa dikelola dengan baik. Saat ini secara angsur kita lakukan pembangunan jalan menuju Makam Panjang, dan mudah-mudahan tahun depan tempat wisata ini bisa dikelola dengan baik dan bisa menambah PAD Kampung Temusai," sebutnya.

Selain itu, kata Nazri, ia berharap kepada mahasiswa untuk dapat membantu membuatkan program program yang dapat membantu
untuk mengembangkan tempat wisata yang ada di kampungnya.

"Kami berharap kepada mahasiswa Kukerta, agar kiranya dapat membuatkan konsep atau wacana untuk mengembangkan tempat
wisata di Kampung ini. Semoga ilmu yang mereka miliki dapat disalurkan dan dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat
dalam mengembangkan Agrowisata Bunga Raya khususnya Kampung Temusai," pungkasnya. (sugianto)

Foto: Mahasiswa Kukerta UR saat meninjau objek wisata yang ada di Kampung Temusai, Siak.

×