Advertorial kab-siak
Senin, 09 Oktober 2017 - 19:34:54 WIB

Kadis Perpustakaan Siak: Menggambar dapat Mengasah Kemampuan Seni Anak

Editor: Administrator | Dibaca: 103
Kadis Perpustakaan Siak: Menggambar dapat Mengasah Kemampuan Seni Anak

PIRAMIDNEWS.COM - Menggambar juga bisa dimanfaatkan sebagai media penyalur emosi yang positif bagi anak. Mengambar sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan seni anak. Si kecil diajarkan bagaimana ia melukis semua hal, sesuai dengan imajinasi dan kratifitasnya. Selain itu ia juga belajar memadukan warna, merangkai objek gambar sehingga terciptalah sebuah kreasi seni si kecil baik dalam kertas maupun kanvas.

"Menggambar selain mengasah kemampuan seni si anak, juga penting dan bermanfaat untuk mengeksperesikan emosi anak. kita sebagai orang tua harus dapat melihat dari warna-warna yang dipilihnya hari itu. Misalnya si anak senang memilih warna-warna cerah, besar. Ini menandakan kemungkinan hatinya sedang gembira saat itu," ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak Hj Hasnila Koesuma saat membuka Lomba Mengambar dan Mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) Se-Kabupaten Siak yang berlangsung beberapa waktu lalu, di Gedung Perpustakaan Kota Siak.

Dijelaskan Hasnila Koesuma, anak-anak diberikan ruang dan kesempatan agar mereka mampu menggali potensinya, terutama dibidang seni lukis, dan dapat berintraksi dengan dunianya.”

"Kepada anak-anak Siak yang memiliki bakat pelukis, terus asah bakatnya, dengan kemampuan seni lukis yang kita miliki dapat juga mendatangkan uang ratusan juta rupiah serta dengan melukis dan juga menggambar wisata Siak akan mudah dikenal orang," ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini dalam menyambut Hari Kunjungan Perpustakaan yang jatuh pada 14 September mendatang. Anak-anak menggambar dan mewarnai yang berhubungan dangan perpustakaan. Tujuan kegiatan ini juga bersempena memperingati hari ulang tahun Kabupaten Siak ke-18 yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.

Sementara itu Ketua Panitia Acara Anita mengatakan, anak-anak Siak banyak yang memiliki bakat pelukis. Ini terlihat dari 10 terbesar pemenang lomba, hasil karyanya bagus-bagus. "Ini potensi yang patut kita kembangkan, berikan mereka wadah agar ia berekspresi dan berkarya. Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan rasa cita anak terhadap gemar membaca buku sehingga diharapkan melalui kegiatan ini tingkat kunjungan para pelajar dan masyarakat ke Gedung Perpustakaan Daeah dapat meningkat.

“Melalui kegiatan ini kami mengharapkan kepada adik-adik para pelajar, jangan malas membaca buku, karena buku sumber ilmu yang dapat menambah ilmu pengtahuan kita. Kegiatan ini juga mengajak kepada siswa mempromosikan pariwisata, sesuai dengan tema "Ayo Berwisata ke Siak," ungkapnya.

Dijelaskan oleh Anita, sebenarnya banyak objek-objek yang menarik di Siak ini, yang bisa dituangkan di kertas kanvas lukisan seperti jembatan Siak kala sore tiba, Istana Siak dilihat dari water front city, kapal yang melintasi sungai dan Kota Siak dari ketinggian. Tempat ini merupakan sport potensial untuk dituangkan di gambar lukisan.

Lomba ini terdiri dari dua katagori untuk perpustakaan kategorinya dengan tema ”Ayo ke Perpustakaan” sedangkan katagori dua lomba mengambar dengan mengangkat tema ”Aku Cinta Siak.”

Juri yang dipilih berasal dari kampung seni community Kecamatan Siak, dengan jumlah peserta sebanyak 220 orang. Kegiatan yang berlangsung satu hari penuh tersebut, dewan juri memutuskan pemenang dalam lomba mewarnai tersebut adalah: Juara I kategori mewarnai tema "Ayo ke Pustaka" atas nama Putri Liana Zahira dari TK Bina Kasih Kecamatan Pusako.

Juara II Khayla Khairani Irwan dari Tk Islami Center Kecamatan Siak, Sedangkan Juara III atas nama Safa Nur Shakila dari TK Negri Pembina Kecamatan Kerici Kanan. Sedangkan lomba menggambar dengan tema "Aku Cinta Siak", Juara I Harun Al Rasyid dari SD Negeri Kecamatan sabag Auh, Juara II diraih atas nama Cleorisa dari SD Islami Center Kecamatan Siak, sedangkan Juara III diraih oleh Fazhil dari SD Islamic Centre Siak. (sugianto)

Foto: Anak-anak TK peserta lomba menggambar berfoto bersama usai pengumuman pemenang.

×