Advertorial kab-siak
Kamis, 26 Desember 2019 - 20:39:26 WIB

Fenomena GMC Siak 2019 Pecahkan Rekor MURI

Editor: Administrator | Dibaca: 89
Fenomena GMC Siak 2019 Pecahkan Rekor MURI

PIRAMIDNEWS.COM - Kacamata berukuran 14 meter dan lebar 1,5 meter yang disediakan Pemkab Siak dalam Festival Gerhana Matahari Cincin 2019, di kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, meraih rekor Museum Indonesia (MURI), dalam kategori Kacamata terbesar di Indonesia, Kamis 26 Desember 2019.

Rekor yang diraih Siak itu merupakan upaya Pemkab Siak bersama masyarakat, untuk mensukseskan peristiwa langka yang dapat dilihat 300 tahun sekali tersebut.

"Sebagai umat yang beriman, dengan pristiwa ini sarana bagi kita untuk bertafakkur atas betapa maha kuasanya Allah SWT yang menunjukan apa yang telah terjadi di langit Kabupaten Siak," sebut Bupati Siak Alfedri.

Di jelaskannya, kabupaten Siak merupakan daerah tujuan wisata yang maju di Pulau Sumatera, momen Festival GMC merupakan bagaian dari promosi pariwisata alam kabupaten Siak. "Kami mengucapkan terimakasih kepada pengunjung baik lokal maupun luar negeri yang datang ke kabupaten Siak," ucapnya.

Lanjutnya, Gerhana matahari cincin ini merupakan fenomena alam langka yang terjadi antara 100 sampain dengan 300 tahun sekali di Indonesia.

Tentunya untuk mendukung kegiatan ini, pemkab Siak bekerjasama dengan semua pihak, melakukan sosialisasi tentang ilmu astronomi. Dalam festival itu, panitia juga mengadakan lomba fotografi dan karya tulis yang berkaitan dengan momen GMC.

"Kami mengharapkan, momen GMC selain dapat memperkenalkan Siak di mata dunia, juga memperkenalkan daerah ini ke masyarakat luas," terangnya.

Dijelaskannya, momen GMC 2019 juga di dukung penuh oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dengan menampilkan stan Pameran, Planetarium, serta kacamatan untuk melihat gerhana matahari berukuran besar.

"Kami mengucapkan terimkasih kepada LAPAN pengamatan GMC di Bungsur ini mengunakan kacamata berukuran besar, dan ini memecahkan rekor MURI Indonesia, sebagai kacamata terbesar se Indonesia bahkan Asia," tandasnya.

Rangkaian acara GMC 2019, di awali sholat gerhana, dilanjut dengan pantawan GMC, serta penampilan artis ibu kota Nisa Sabian. Menurut Kepala Lapan pemantauan GMC di Bunsur paling teramai di saksikan lebih kurang 10 ribu orang.

Hadir pada acara itu Wakil Gunernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Siak Azmi, Sekda Siak Tengku Said Hamzah, Kepala LAPAN Tomas Nazaruddin, anggota DPD RI Jon Erizal, Sekjen Jaringan Kota Pusaka Inonesia, Ketua TPKK Provinsi Riau Hj Misnarni, serta Kepala SKK Migas Sumbagut.(adv/humas pemkab siak/pnc)

×